Tonjolkan Budaya Papua di Upacara HUT Ke-124 Kota Manokwari, Bupati Hermus: Budaya adalah Kekayaan dan Identitas

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Hari ulang tahun (HUT) ke-124 Kabupaten Manokwari, tepat pada hari ini Selasa (8/11/2022), diperingati dengan upacara secara bendera di lapangan apel kantor Bupati Manokwari.

Upacara dipimpin Bupati Manokwari diikuti seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Manokwari. Hadir juga Wakil Bupati Manokwari, Sekda Manokwari, Muspida, serta tokoh agama dan masyarakat.

Bupati Hermus dan seluruh peserta upacara kompak menggunakan mahkota Papua dan Noken, hal ini untuk menonjolkan budaya sebagai identitas orang Papua.

Bupati Hermus mengatakan, hal ini sesuai visi Kabupaten Manokwari sebagai pusat peradaban dan ibu kota Provinsi Papua Barat yang religius dan berbudaya, berdaya saing, mandiri dan sejahtera.

Dari aspek kebudayaan bupati Manokwari mengutip pernyataan Bung Karno bahwasannya berdaulat secara politik tetapi juga berkepribadian secara budaya.

“Harus diimplementasikan kepada seluruh masyarakat bahwa budaya adalah identitas dan kekeyaan orang asli Papua,” tutur Bupati Hermus kepada wartawan.

“Kita menggunakan mahkota dan noken seperti ini untuk menunjukkan ciri khas orang Papua,” lanjutnya

Bupati mengajak, agar budaya Papua hendaknya disosialisasikan, memasyarakatkan identitas ini kepada seluruh masyarakat termasuk anak-anak sekolah.

Seiring dengan perkembangan global, Bupati meminta agar tidak meninggalkan jati diri orang Papua yang sesungguhnya dan budaya harus tetap dipertahankan. (dra)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.