MTQ ke-8 Secara Virtual Resmi Digelar, Ini Harapan Gubernur

0
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan membuka resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-8 tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2020 yang digelar secara virtual, Senin (31/8/2020). (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-8 tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2020, yang digelar di Kabupaten Manokwari secara virtual, Senin (31/8/2020). Dalam acara pembukaan MTQ ke-8 tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2020 dihadiri oleh  Kepala Kantor Wilayah Agama Papua Barat Sudirman Simanihuruk dan Ketua LPTQ Papua Barat Musa Kamudi serta segenap pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Papua Barat.
Dalam sambutanya, Gubernur mengatakan, patut bersyukur pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2020 masih dilaksanakan secara virtual, karena dipelosok tanah air Indonesia khususnya di Provinsi Papua Barat masih dalam wabah pandemic Covid-19 yang harus diwaspadai serta bersama-sama untuk mencegah penyebaran maupun mengatasi penularannya.
Sesuai rencana kerja anggaran tahun 2020 pelaksanaan MTQ ke -8 semula direncanakan di Kabupaten Sorong Selatan, namun masih adanya pandemic Covid-19 maka kegiatan ini setelah berkoordinasi dengan Kementerian Agama  RI, Bupati / Walikota se – Provinsi Papua Barat, sehingga disepakati  pelaksanaannya secara virtual dengan tetap mengacu pada ketentuan dan pedoman yang sudah ditetapkan. “Serta menerapkan prosedur dan protokol kesehatan secara ketat, ” ujar Gubernur saat membuka MTQ ke-8 di Swiss-Belhotel di Manokwari, Senin (31/8/2020).
Dengan pelaksanaan MTQ ini Dominggus mengharapkan kepada seluruh panitia, dewan hakim, panitra, pengurus MTQ Provinsi dan Kabupaten/ Kota serta seluruh pihak penyelenggara agar keseluruhan aktifitas MTQ ke-8 tingkat Papua Barat kiranya dapat  diselenggarakan dengan baik, aman,  tertib dan lancar, meskipun dilaksanakan secara visual.
Tidak mengurangi makna esensial sesuai dengan nilai-nilai spritual, serta ketentuan yang berlaku, sehingga dapat melahirkan Qori/Qoriah, Hafidz/Hafidzah, Tafsir/Tafsirah yang berkualitas untuk mewakili Provinsi Papua Barat dalam MTQ tingkat nasional tahun 2020. “Dengan harapan Provinsi Papua Barat juga dapat memperoleh hasil yang maksimal,” harapnya.
Sementara Kepala Kantor wilayah Agama Papua Barat, Sudirman Simanihuruk, mengatakan dalam situasi Pandemic Covid-19 sehingga pelaksanaan MTQ dilaksanakan secara virtual, namun semua itu tidak mengurangi hikmah dan makna MTQ.
MTQ Papua Barat akan dilaksanakan selama 6 hari, dimulai pada 31 Agustus hingga 5 September 2020. Seluruh cabang lomba dilaksanakan virtual dari masing-masing kabupaten/kota. MTQ Papua Barat juga sebagai ajang seleksi menuju MTQ tingkat Nasional  ke-28 yang akan dilaksanakan di kota Padang, Sumatera Barat.(aa)
Editor: BUSTAM


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.