Bupati Manokwari Dukung Deradikalisasi Masuk Kurikulum Pendidikan

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Bupati Manokwari Hermus Indou, mendukung upaya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendorong implementasi pencegahan paham intoleransi, radikalisme dan terorisme ke dalam kurikulum pendidikan.

Bupati Hermus Indou menilai bahwa, Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme sangat mengancam generasi muda yang berpotensi menghancurkan eksistensi sebuah negara.

“Perlu adanya upaya bersama pemerintah daerah bersama semua elemen dalam melindungi seluruh masyarakat dari ancaman terpaparnya intoleransi, radikalisme dan terorisme,” tuturnya, Rabu (9/11/2022)

Kedepan, kata Bupati, deradikalisasi perlu diimplementasikan ke dalam kurikulum pendidikan di tingkat SD hingga perguruan tinggi.

“perlu di masukkan agar pelajar di daerah ini dapat memiliki pemahaman sejak dini yang komprehensif tentang ancaman dan bahaya radikalisme di sekolah,” imbuhnya.

Selain itu, dapat membangun kewaspadaan dini juga ketahanan sosial serta ketahanan daerah bangsa dan negara tidak ada radikalisme.

Sesuai amanat UU, lanjut Bupati Hermus, Pemerintah Kabupaten Manokwari akan menyikapi dengan menyusun instrumen kebijakan baik berupa Perda, Perbup dan roadmap untuk dapat melindungi daerah ini dan masyarakat agar terhindar dari intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Dalam menghadapi ancaman dari bahaya intoleransi, radikalisme dan terorisme perlu adanya kolaborasi semua pihak.

“ini kita membangun sistem ketahanan nasional semesta, semua orang harus berpartisipasi untuk mencegah masalah ini bersama-sama,” tukasnya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.