Tes Akademik Beasiswa Otsus Resmi Digelar di 10 Daerah

0
483

KLIKPAPUA.COM, JAYAPURA – Tes Potensi Akademik  (TPA) dan Bahasa Inggris calon Siswa Unggul Penerima Beasiswa Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua tahun 2019, Jumat pagi (28/6/2019) resmi dibuka Kepala Biro (Karo) Otsus Setda Papua, Aryoko Aryoko F Rumaropen,SP.MEng mewakili Gubernur Papua bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) II Jayapura.

Tes tersebut berlangsung serentak di 10 daerah meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Nabire, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mimika, Kabupaten Yahukimo.

Kepala Biro Otsus dalam arahannya mengapresiasi dukungan dari instansi teknis dan pemerintah kabupaten kota yang ikut memfasilitasi pelaksanaan programPemerintah Provinsi Papua melalui visi dan misi gubernur dan wakil gubernur Papua,  meningkatkan daya Sumber Daya Manusia (SDM) Papua yang handal dan unggul.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada instansi tekhnis di provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota yang ikut mendukung program dari visi dan misi bapak gubernur dan wakil gubernur Papua. Proses seleksi dan kepanitian ini ditetapkan dengan keputusan gubernur Papua dan terima kasih sudah bekerja dengan baik,”ungkap Rumaropen.

Peneriman siswa unggul Papua tahun ini untuk pertama kalinya dilakukan secara terbuka dan dimulai sejak awal tahun 2019 dengan pembahasan mekanisme pelaksanaan penerimaan dan seleksi. Berbagai pihak dilibatkan dalam proses tersebut diantaranya Kepala Sekolah (Kepsep) SMA/SMK se- Papua, pemerhati pendidikan, akademisi dan instansi teknis terkait pendidikan dan SDM.

“Prosesnya dari awal tahun 2019 dan sampai hari ini sudah memasuki tahap seleksi akademik. Oleh sebab itu, kami mohon dukungan dari semua pihak agar tes ini dapat berjalan dengan baik,”harapnya.

Aryoko menginformasikan bahwa peserta tes TPA dan Bahasa Inggris diikuti 1477 siswa dari Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Papua. Para siswa ini telah melalui seleksi administrasi yang  dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pemberkasan dan seleksi administrasi oleh pihak sekolah (SMA/SMK) dan hasilnya terjaring 2006 siswa. Dari jumlah itu, kemudian berkasnya dikirim ke provinsi dan diseleksi lagi oleh tim seleksi provinsi dan terjaring 1477 siswa.

“Proses seleksi administrasi kriteria utamanya adalah potensi akademik dan keaslian orang Papua. Hasilnya hari ini 1477 siswa yang berasal dari 29 kabupaten dan kota melanjutkan tes seleksi TPA dan Bahas Inggris,”jelas Karo Otsus.

Tes akademik dan bahas inggris di  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Jayapura diikuti 423 siswa SMA/SMK dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Mamberamo Raya, Sarmi, Pegunungan Bintang, Puncak Jaya, Kabupaten Puncak dan siswa dari luar Papua.

Kemudian di SMA Negeri 1 Biak dengan jumlah peserta 184 siswa  diikuti siswa dari Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori. Selanjutnya di SMK YPK Serui diikuti 108 siswa dari Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Waropen.

Lokasi berikut di SMA Negeri 1 Nabire dan diikuti 166 siswa dari Kabupaten Nabire, Intan Jaya, Dogiyai, Deiyai dan kabupaten Paniai.

Di timika berlokasi di SMA Negeri 1 Timika diikuti 126 siswa dari kabupaten Mimika dan kabupaten Asmat. Kemudian 246 siswa dari kabupaten Jayawijaya, Tolikara, Yalimo, Mamberamo Tengah, Lanny Jaya dan Kabupaten Nduga mengikuti tes SMK YSO Ninabua Wamena.

Sedangkan 90 siswa di Kabupaten Merauke mengikuti tes di SMA YPK 1 Merauke. Di Kabupaten Boven Digoel, lokasi tes bertempat di SMA Negeri 1 Boven Digoel, pesertanya 69 siswa. Kemudian siswa di Kabupaten Mappi, lokasi tes dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mappi dan diikuti 30 peserta. Lokasi tes selanjutnya adalah SMA Negeri 2 Dekai diikuti 35 siswa dari Kabupaten Yahukimo.

Editor: HANS BISAY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.