Tarian Suku Amungme Semarakkan PON XX Papua

0
54
Tarian dari oleh Sanggar budaya Agimuninameng (foto: Husyen opa)
TIMIKA,KLIKPAPUA.com—Perhelatan PON XX Papua Tahun 2021 semakin semarak dengan keikutsertaan peran serta masyarakat lokal. Salah satunya tarian Suku Amungme yang ditampilkan oleh Sanggar budaya Agimuninameng di sela-sela waktu istirahat pertandingan basket 5X5 bola basket di MSC, Rabu (29/9).
Yohana Maria Anggaibak selaku pimpinan sanggar mengatakan tarian yang ditampilkan oleh 18 mama-mama dan bapa-bapa asli suku Amungme di tengah lapangan basket yang jadi lokasi pertandingan ini secara tidak langsung menjadi bagian dari dukungan masyarakat lokal untuk sukseksnya PON XX di bumi Amungsa Tanah Kamoro. “Kami tunjukan tarian suku Amungme ini sebagai bentuk dukungan kepada PON XX di daerah ini, kami menari dengan lagu-lagu bahasa daerah,” ujarnya.
Yohana yang juga salah satu ASN di lingkup Pemda Mimika ini mengatakan jika lewat tarian ini, masyarakat Agimuga yang tergabung dalam sanggar ini sangat mendukung PON XX. Sebagai orang asli suku Amungme,  maka harus mendukung perhelatan akbar yang baru pertama  dilaksanakan di Kabupaten Mimika ini.
PON yang sebutnya juga menjadi ajang untuk menunjukkan harga diri orang Papua ini harus suskes. Sebagai tuan rumah, ia harap agar mereka tidak hanya menjadi penonton saja, namun bisa ikut terlibat langsung untuk mensukseskan PON XX Papua ini. “Kita yang punya rumah, kita tuan rumah, kita yang punya tuan, kita harus tunjukan yang punya tempat ini ada tuanya, jadi PON ini harus sukses karena kita,” pungkasnya. (Sitha/Angelbertha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.