Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Raih Penghargaan Internasional Asian Impact Awards 2024

0

JAYAPURA,KLIKPAPUA.com – Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku berhasil meraih Penghargaan Internasional Asian Impact Awards 2024 (CSR Leading Impact) yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility.

Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Edi Mangun saat acara “Malam Penganugerahan Asian Impact Awards 2024” di Kampus PORTMAN College, Jalan Mines 2, Mines Wellness City, 43300 Seri Kembangan, Selangor, Malaysia pada Kamis (19/9/2024) lalu.

Di acara tersebut, Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku meraih predikat PLATINUM CSR Leading Impact melalui 4 program yakni Unit Lokasi Integrated Terminal Jayapura dengan Program KEPASAR (Kelompok Ikan Asar) Sebagai Motor Perubahan Pengalihan Penggunaan Bahan Bakar Kayu menjadi Gas LPG, Unit Lokasi Aviation Fuel Terminal Pattimura Ambon dengan Program Merdeka Lingkungan: Pendidikan Berkualitas Bagi Anak Ekonomi Marginal di PAUD Sadar Lingkungan, Unit Lokasi Fuel Terminal Ternate dengan Program Inkubasi Bisnis Jambula: Sub Kelompok Olahan Ikan Bubula dan Unit Lokasi Integrated Terminal Wayame dengan Program Atsiri Duskar Wangi.

Edi Mangun selaku Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan, sebagai perusahaan BUMN Pertamina sangat mendukung program pembangunan berkelanjutan yang merata di seluruh Indonesia terutama di wilayah Indonesia Timur melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) & Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Terima kasih, kami merasa terhormat atas penghargaan yang diberikan, dan dari penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa kami (perusahaan) juga peduli dengan program-program CSR & TJSL yang dijalankan secara berkelanjutan di Papua Maluku,” ujar Edi.

Menurutnya, pelaksanaan program-program CSR & TJSL di wilayah operasional merupakan komitmen dan tanggung jawab Pertamina untuk membangun Indonesia yang lebih baik melalui kontribusi sosial dan lingkungan.

“Bagi kami, masyarakat adalah elemen penting, ini adalah bukti komitmen kami sebagai perusahaan BUMN yang tidak hanya fokus pada bisnis, tapi juga peduli pada apa yang terjadi di masyarakat termasuk pengembangan inovasi sosial dan lingkungan,” katanya.

Salah satu Program CSR yang meraih penghargaan PLATINUM CSR Leading Impact yakni “KEPASAR (Kelompok Ikan Asar) Sebagai Motor Perubahan Pengalihan Penggunaan Bahan Bakar Kayu menjadi Gas LPG” yang dijalankan oleh CSR IT Jayapura bersama masyarakat Ring 1 Lokasi Kerja ini merupakan program yang berfokus pada peran perempuan dalam mengusung kesetaraan gender yang melibatkan poin penting dalam pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Program ini bertujuan untuk menciptakan lahan terbuka, meningkatkan kreativitas dan pemberdayaan mama-mama Papua di wilayah Ring 1 untuk inovasi sosial dengan memanfaatkan hasil laut yang melimpah serta sosialisasi peralihan bahan bakar dari kayu menjadi bahan bakar gas guna mengurangi polusi, biaya produksi serta efisiensi waktu,” ujarnya.

Edi berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi tambahan kepada Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku agar terus melaksanakan program CSR dan memberikan dampak secara nyata kepada masyarakat dan lingkungan.

“Dari penghargaan ini semoga semakin memotivasi kami untuk terus menyelaraskan program-program CSR yang unggul dan bermanfaat. Pertamina akan terus berinovasi sehingga akan selalu menghadirkan program CSR yang sustainable dan memberikan dampak dan nilai kepada masyarakat,” tutupnya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.(rls)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.