Temu Pastores Dapat Wujudkan Pelayanan dan Kehadiran Gereja Katolik

0
641
Temu Pastores Keuskupan Manokwari Sorong di Gereja St Yoseph, Distrik Bintuni, pekan lalu. (Foto : Ist)

BINTUNI,KLIKPAPUA.COM— Dengan kehadiran dan pelaksanaan Temu Pastores Keuskupan Manokwari Sorong yang telah dilaksanakan kurang lebih tiga hari di bawah sorotan tema” Pastoral Pendampingan Keluarga” ini dapat menjadi dasar pembinaan bagi umat Katolik.

“Semoga dengan adanya Pastores ini, para Pastor maupun perwakilan komisi maupun kelompok kategorial telah banyak dibekali dengan beragam sesi dan diskusi menyangkut tema ini, sehingga dapat menjadi dasar bagi pembinaan umat Katolik, khususnya di Keuskupan Manokwari Sorong,” kata Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw saat memberikan sambutan pada penutupan acara Temu Pastores Keuskupan Manokwari Sorong di Gereja St Yoseph, Distrik Bintuni, pekan lalu.

Bupati meyakini pula, beberapa poin yang menjadi keputusan temu Pastores ini telah disepakati demi memajukan pelayanan dan kehadiran Gereja Katolik di tengah masyarakat, bangsa dan Negara.

“Secara khusus saya berterima kasih karena kegiatan Temu Pastores boleh dilaksanakan di Kabupaten Teluk Bintuni. Hal ini merupakan sebuah penghargaan yang sangat besar bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni,” katanya.

Keluarga adalah Gereja kecil yang dipanggil untuk menumbuhkan benih iman dan kegembiraan cinta bagi para anggotanya dan bagi keluarga lainya. Dalam panggilanya ini, keluarga perlu menyadari pangilanya yang khas di tengah kompleksitas tantangan yang dihadapi saat ini, yakni untuk menjadi tanda cinta yang nyata bagi dunia.

Seruan Apostolik Amoris Laetitia Paus Fransiskus ini berbicara tentang keluarga dalam terang kitab suci, ajaran gereja, refleksi atas situasi hidup zaman sekarang sehingga pada akhirnya diharapkan dapat menginspirasi keluarga untuk semakin bertumbuh dalam sukacita kasih dan keluarga.

“Oleh karena muatanya yang penting dan sungguh sangat bermakna ini, saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada KMS yang mengangkat tema indah ini sebagai dasar dan landasan dari kegiatan Temu Pastores kali ini,” tuturnya.

“Saya kagum dan sangat menghargai Gereja Katolik dalam hal ini Keuskupan Manokwari Sorong yang mengadakan kegiatan dengan konsep dan tema besar yang menarik dalam acara ini. Seperti kita ketahui bersama, cita cita Indonesia ke depan berfokus pada Pembangunan SDM yang unggul,” ujarnya menambah.

Pada kesempatan yang baik ini pula, Bupati Kasihin juga  menyampaikan bahwa, pemerintah daerah terus berkomitmen untuk mendukung program -program keagamaan di Kabupaten Teluk Bintuni, karena kami yakini dengan pembentukan mental dan spiritual masyarakat yang baik akan berdampak pada Pembangunan daerah ini secara material dan fisik sehingga cita-cita besar untuk mewujudkan masyarakat Teluk Bintuni yang maju, produktif dan berdaya saing dapat tercapai.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini tak lupa saya sampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih yang tak terhinga kepada Uskup Manokwari Sorong, Monsinyur Hilarion Datus Lega atas kehadiranya bersama sama kita, sekaligus berkenan menutup acara Temu Pastores Keuskupan Manokwari Sorong,” ujar Bupati.

Pastores merupakan agenda rutin yang diselengarakan sebagai ajang para imam untuk membangun communion hidup berimamat. Soliditas dan solidaritas para imam terbangun melalui perjumpaan seperti ini.Temu Pastores sendiri di tutup Uskup KMS Mgr.Hilarion Datus Lega. (at)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.