STKIP Muhammadiyah Manokwari Kelas Pararel Teluk Bintuni Gelar Pekan Ta’aruf Mahasiswa Baru

0
100
STKIP Muhammadiyah Manokwari Kelas Pararel

BINTUNI,KLIKPAPUA.com— Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Manokwari kelas pararel Teluk Bintuni, Jumat (26/11/2021) menggelar Pekan Ta’aruf mahasiswa baru (Peta Maba) tahun akademik 2021-2022 yang dilaksanakan di Sekolah SMA Muhammadiyah Kota Bintuni.

Ketua Pengelola STKIP Kelas Pararel Bintuni Drs. Haris Tahir M.Si, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari perkenalan kampus bagi mahasiswa baru. Dua hal yang akan diberikan dalam peta Maba yakni perkenalan kampus secara umum, serta pengenalan kurikulum.

Dikatakan, saat ini yang terlibat ada 60 mahasiswa, namun ditergetkan 100 orang, STKIP akan membangun kerjasama dengan pemerintah daerah terkait masalah guru-guru yang belum memenuhi syarat, terutama bagi kelompok ASN Kategori 2 (K2).

“Nanti kita kerjasama dengan pemerintah daerah terkait masalah guru-guru yang belum memenuhi sayarat guru terutama yang kelompok K2 itu nanti kita akan kuliahkan di sini dibawah komando Bupati langsung,” ujar Haris Tahir.

Namun pasalnya, sejauh ini MoU belum berjalan diperkirakan setelah selesai tahun ajaran 2021.

Dibeberkan Haris Taher, bahwa di STKIP Muhammadiyah kelas Pararel Bintuni memiliki dua kategori mahasiswa, yang pertama mahasiswa kelas reguler yaitu mereka yang pembiayaannya secara mandiri, kemudian yang non reguler, seperti izin belajar juga biaya mandiri, sedangkan yang tugas belajar dibiayai oleh Pemerintah Daerah.

“Nanti setelah masa orientasi kampus, para mahasiswa langsung mengikuti proses perkuliahan, kita ada dua kampus, yang pertama di gedung SMA Muhammadiyah sini, dan yang satunya lagi di gedung SMP Muhammadiyah yang berada Tisay,” jelasnya.

Diungkapkannya untuk kejuruan sendiri, ada jurusan PGSD, Matematika, Biologi, Bahasa Inggris, dan juga ada jurusan Bahasa Indonesia, semuanya strata satu.

Kelas Pararel STKIP Muhammadiyah ini bukanlah kelas jauh, melainkan dia adalah bagian kelas dari kampus induk, dan untuk tenaga pengajarnya sendiri, berasal ada dari dosen lokal dan ada dosen dari STKIP Muhammadiyah Manokwari.

Sementara itu sekertaris pengelola Kampus STKIP Muhammadiyah kelas Pararel Bintuni Hariyanto Mumuan menyampaikan, pelaksana peta maba kali ini direncanakan dua hari, dimulai hari ini dan besok, dan di harapkan bagi semua mahasiswa yang ikut dapat memahami apa tugas dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa dan generasi penerus bangsa.

“Perlu diketahui bahwa penerimaan mahasiswa kali ini diprioritaskan pula bagi putra – putri asli Papua, khususnya anak 7 suku,” pungkasnya.(dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.