Sejumlah Masjid di Bintuni Gelar Sholat Ied, Polri-TNI Siap Amankan

0
137
Apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres AKBP Hans R. Irawan, di Mapolsek Kota Bintuni, Rabu (12/5/2021).
BINTUNI,KLIKPAPUA.com—Aparat gabungan dari kepolisian dan TNI, siap melaksanakan pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, di Kabupaten Teluk Bintuni.
Guna mengecek kersiapan personil, Polres Teluk Bintuni menggelar apel gelar pasukan, yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Hans R. Irawan, di Mapolsek Kota Bintuni, Rabu (12/5/2021). Pengamanan kali ini melibatkan personil dari Polres Teluk Bintuni, 75 orang, Brimob Batalyon Kompi 3 Bintuni 30 orang, dan TNI 30 orang.
Kapolres mengatakan apel gelar pasukan dilaksanakan di Polsek Kota Bintuni, bertujuan untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa pihaknya siap memberikan rasa aman kepada masyarakat Teluk Bintuni, yang merayakan dan beribadah di hari raya. “Kita melakukan tugas kepolisian, patroli guna mencegah terjadinya tindakan pidana,” katanya.
Kapolres mengungkapkan giat pertama yakni malam ini di malam Hari Raya Idul Fitri, personil akan mengunjungi masjid – masjid untuk mengecek kesiapan pelaksanaan sholat ied.
Dalam kesempatan tersebut Hans menekankan tidak diperbolehkan adanya takbir keliling sesuai dengan surat edaran Kementrian agama SE No 07 Tahun 2021 tantang panduan sholat Idul Fitri saat pandemi Covid-19. Namun jika ada sejumlah wilayah zona hijau yang hendak melaksanakan takbir internal di dalam kampung tetap akan diingatkan.”Tetap kita ingatkan karena sudah ada edaran dari pemerintah tidak boleh takbir keliling,” tegasnya.
Ia mengatakan tim penjagaan disetiap masjid juga menyiapkan masker bagi warga yang lupa mengenakan masker. Karena dari hasil pantauan di lapangan selama warga yang beribadah di masjid sering abaikan menggunakan masker. “Sholat Ied sendiri diperbolehkan yang penting taat protokoler kesehatan, saya sudah perintahkan anggota untuk lakukan kegiatan pengamanan karena biasanya paling abai menggunakan masker,” katanya.
Dipastikan Shalat Ied tahun ini tetap dilaksanakan di masjid-masjid di wilayah masing-masing. Di kota Bintuni sendiri ada sekitar 15 masjid yang akan menggelar sholat Ied semuanya akan dilakukan pengamanan dan penjagaan. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.