Rangkaian Upacara 17 Agustus di Teluk Bintuni Berlangsung Sukses, Wabup Matret Kokop Jadi Inspektur

0
BINTUNI,KLIKPAPUA.com–Sama seperti tahun sebelumnya, upacara hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Kabupaten Teluk Bintuni, digelar di Gelanggang Argosigemerai SP 5 Distrik Bintuni Timur.
Meskipun diwarnai suasana mendung dan hujan rintik, upacara tetap berlangsung dengan hikmat. Pasukan pengibar bendera menjalankan misinya dengan gagah dan sukses.
Rangkaian pelaksanaan upacara bendera, dimulai pukul 09.00 WIT, dengan Wakil Bupati Maret Kokop sebagai inspektur upacara, bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor Inf Rayendra Hakim menjabat sebagai Kasieops Bingif 26/GP dan komandan Pasukan Pengibar bendera Letda Fadil Yazid yang sehar-harinya bekerja sebagai Komandan Pleton Batalion Inf 763 Sanetia Buerama Amor (SBA).
Sementara itu petugas pembawa bendera yakni pembawa baki Migesty Kambia, siswi kelas XI SMA YPPK Santo Arnoldus Bintuni, penggerek bendera Fabianus Motombri siswa kelas XII SMA YPPK Santo Arnoldus, Yahya Rumahan Siswa SMK N 1 dan stefano Fenetiruma siswa kelas X SMA YPPK Santo Arnoldus Bintuni.
Sementara pembaca teks proklamasi dan UUD 1945 disampaikan Ketua DPRD Simon Dowansiba dan ketua KNPI Kenny Kindewara.
Rangkaian upacara dimulai pukul 09.00 WIT, diawali dengan pembacaan teks proklamasi, mengheningkan cipta dan pembacaan doa, kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh siswa siswi terbaik di Kabupaten Teluk Bintuni yang sudah digembleng selama dua minggu dan melalui proses karantina selama satu minggu.
Usai pengibaran bendera merah putih, rangkaian acara dilanjutkan dengan foto bersama dan penyerahan sejumlah penghargaan yakni penghargaan terhadap 4 posyandu terbaik di Teluk Bintuni yang berhasil menurunkan angka kasus stunting, dan penghargaan dari Kampung Fasco Damnen Distrik Bintuni kepada Wakil Bupati sebagai kampung terbaik dalam lomba SDGs tingkat Kementrian Desa.
Rangkaian kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan atraksi dari brigif, dan yospan bersama, wakil Bupati Matret Kokop juga sempat turut serta. Usai yospan bersama rangkaian perayaan HUT dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di Pelabuhan kota Bintuni dikomandoi wakil Bupati Matret Kokop, dan selanjutnya siang hari pukul 12.00 WIT wakil Bupati Menghadiri upacara penyerahan remisi kepada tahanan di Rumah Tahanan kelas II B Kilo 12 Teluk Bintuni.
Kemudian pada sore harinya pukul 18.00 WIT akan dilakukan upacara penurunan bendera, dan acara malam resepsi dilaksanakan pada 17 malam di gelanggang Argosigemerai. (dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.