Pemda Teluk Bintuni Peringati Hari Otda

0
426

KLIKPAPUA,BINTUNI – Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menggelar upacara dalam rangka memperingati hari otonomi daerah (Otda) ke 23 di Lapangan Upacara Kantor Bupati, SP 3, Distrik Manimeri, Kamis (25/4/2019).

Bertindak selaku inspektur upacara, Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Gustaf Manuputty yang sekaligus membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang diperuntukan bagi seluruh daerah di Indonesia.

Dalam amanat tersebut Mendagri mengatakan, perjalanan Otonomi Daerah pasca Reformasi hingga sekarang dapat dikatakan memiliki banyak kemajuan yang telah dicapai. Karena otda telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, dimana masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasi.

“Muara dari pelaksanaan otda adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan/serta partisipasi aktif masyarakat,” katanya.

Disamping itu lanjutnya diharapkan daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan keadilan, keustimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.
Menurut dia ada tiga prinsip yang berubah secara drastis secara diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otda. Yakni otda diklaim telah mendorong budaya demokrasi di tengah tengah masyarakat, menumbuhkembangkan iklim kembangkan budaya berkumpul berserikat secara terbuka bagi seluruh masyarakat, dan dengan desentralisasi saat ini maka kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus melalui prosea panjang dan berbelit belit tetapi menjadi sangat efisien dan responsif.

Untuk itu dikatakannya semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik, sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di daerah, provinsi dan kabupaten kota.

Hadir dalam upacara tersebut, Eakil Bupati Matret Kokop, sejumlah pimpinan OPD dan diikuti oleh ratusan ASN serta pegawai honorer. (at)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.