Pemda Teluk Bintuni Datangkan Kapal Cepat

0
874
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Meningkatkan pelayanan transportasi laut, Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni bekerjasama dengan PT. Belibis Papua Mandiri, menghadirkan kapal cepat KM. Ekspres Belibis 8.
Kapal cepat berkapasitas penumpang 400 orang akan melayani rute Bintuni – Babo, Babo – Kokas, dan Kokas – Sorong, pulang pergi. Harga tiketnya disubsidi oleh Pemda Teluk Bintuni sekitar 50 persen. Harga tiket yang dijual hanya berkisar Rp. 100 ribu – ,Rp. 400 ribu, untuk kelas ekonomi dan kelas VIP Rp. 250 ribu- Rp. 550 ribu.
Menandai beroperasinya kapal cepat tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw dan Matret Kokop menggunting pita dan meninjau fasilitas yang ada di kapal, di Pelabuhan Bintuni, Kota Bintuni, Senin (9/12/2019).
General Manager Belibis Drs. H. Husein Kaco M. pd. mengatakan sejauh ini PT Belibis telah memiliki 18 armada kapal yang 10 di antaranya beroperasi di wilayah Papua, seperti Manokwari, Sorong, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni.
“Dengan apa yang dilakukan Pemda untuk mendatangkan kapal cepat ini menandakan kita sudah maju satu langkah lagi, bahwa kedatangan kapal cepat akan memberikan kontribusi sosial, yang berkaitan dengan teknologi, sosial dan birokrasi,” katanya.
Sementara itu, Bupati Petrus Kasihiw dalam sambutannya mengatakan salah satu peran pemda untuk menjamin konektifitas yang menyediakan moda transportasi yang murah serta memangkas durasi perjalanan yang lama bagi masyarakat.
“Kita tahu bahwa kebijakan nasional dalam membangun tol laut, ada di Sorong, sehingga diperlukan moda transportasi yang cepat, sehingga bisa menjangkau tol laut,  salah satu yang kita upayakan adalah mungkin dengan pelayaran kapal ini bisa membantu mempercepat moda transportasi,” katanya. Kasihiw juga mengapresiasi kehadiran kapal ini dalam upaya mendorong percepatan pembangunan baik fisik maupun SDM di kabupaten ini.
Bupati juga berterimakasih kepada pengelola pelayaran di Teluk Bintuni yang telah membantu pemerintah, masyarakat dan para pengusaha. Dengan kehadiran kapal cepat KM Belibis ini diharapkan tidak dianggap menjadi pesaing yang nanti akan merusak kebersamaan yang sudah berjalan selama ini.
KM Ekspres Belibis akan mengawali pelayarannya dari Bintuni pada Selasa (10/12/2019). Dijadwalkan akan berlayar menuju Babo, Kokas, dan Sorong, dengan waktu tempuh berkisar 10 jam.
Turut hadir Wakil Ketua II DPRD Teluk Bintuni Yohanes Pongtuluran Manibuy, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang terdiri dari TNI, Polri, dan kejaksaan serta sejumlah pejabat dilingkungan Pemda Teluk Bintuni. (at/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.