Kodim 1806 Teluk Bintuni Resmi Berdiri

0
1204

BINTUNI,KLIKPAPUA.COM— Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau meresmikan Kodim 1806/Teluk Bintuni, Kamis (5/9/2019).Seremonial peresmian digelar secara upacara militer di Lapangan Makodim 1806/Teluk Bintuni, Jalan Raya Manineri, Distrik Manimeri.

Dalam sesi upacara, Pelantikan Pejabat Komandan Kodim 1806/Teluk Bintuni juga dilaksanakan. Dimana Letkol ARM Fence Donatus Marani, S.Sos yang merupakan putra adat asli Suku Wamesa, Teluk Wondama terpilih untuk memimpin instansi TNI itu.

Dalam amanatnya, Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, mengatakan berdasarkan peraturan Kepala Staf Angkatan Darat No. 3 Tahun 2019 tanggal 15 Maret, tentang penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD. Maka Kodim 1806 Teluk Bintuni merupakan salah satunya.

“Kodim 1806 Teluk Bintuni ini adalah komando kewilayahan baru di jajaran Korem 181 dan merupakan bagian Kodam XVIII Kasuari dengan binaan di satu Kabupaten Teluk Bintuni,” kata Pangdam.
Dikatakannya tugas pokok Kodim 1806 Teluk Bintuni adalah melakukan pembinaan, kemampuan dan gelar kekuatan. Serta menyelenggarakan pembinaan teretorial untuk menyiapkan wilayah ketahanan di darat dan menjaga keutuhan wilayah dalam mendukung tugas Korem 181 Praja Vira Tama, Kodam XVIII Kasuari.
“Dalam pembinaan teretorialnya meliputi 24 distrik, 2 kelurahan, dan 115 kampung, dengan batas wilayah, disebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Mansel, di Timur Kabupaten Kaimana dan Fak -Fak, sebelah barat dengan Kabupaten Sorong Selatan dan Maybrat,” katanya lagi.
Dalam kesempatan tersebut ucapan terima kasih juga disampaikan oleh jendela bintang dua itu kepada Pemda Teluk Bintuni dan pemilik hak ulayat yang telah menyerahkan tanah seluas 5 hektare sebagai lokasi Makodim 1806 Teluk Bintuni.

Usai upacara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Pangdam XVIII Kasuari, dan penekanan tombol pembukaan selubung papan nama satuan.
Selanjutnya pengguntingan pita pembukaan kantor Makodim oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Kemudian unsur Forkopimda melakukan kegiatan penanaman pohon di depan kantor Makodim. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.