HUT DPW ke-20 Digelar Pemeriksaan Pap Smear Gratis di RSUD Bintuni

0
39
Pemerikasaan Pap Smear gratis yang dilaksanakan di ruangan bersalin RSUD Teluk Bintuni, Senin (25/11/2109). (Foto: Humas dan Protokol Setda Teluk Bintuni)

BINTUNI, KLIKPAPUA.COM– Dalam rangka HUT Dharma Wanita Perempuan (DWP) Teluk Bintuni ke 20, sejumlah kegiatan digelar.

Salah satunya adalah program pemerikasaan Pap Smear secara gratis, yang dilaksanakan di ruangan bersalin RSUD Teluk Bintuni, Senin (25/11/2109).

Pap Smear merupakan pemeriksaan medis pada bagian leher rahim yang berguna untuk mengetahui tanda-tanda perubahan leher rahim, yang manfaatnya mendeteksi terjadinya penyakit menular seksual, mengetahui terjadinya radang pada miss V, dan untuk mendeteksi adanya sel kanker serviks.

Saat diwawancarai Tim BM di sela sela kegiatan, Dr. Rudy Manibuy, mengatakan “Sangat disarankan untuk perempuan remaja yang belum pernah melakukan hubungan seksual agar dilakukan vaksin untuk mencegah dan mendeteksi adanya sel kanker dan penyakit menular seksual lainnya,” jelasnya.

Sebagai informasi, menurut laporan Global Cancer Observatory di tahun 2018, diperkirakan terdapat 32.469 kasus per tahun kanker serviks di Indonesia, dengan angka kematian mencapai 18.279 orang.

Untuk mendeteksi adanya infeksi pada miss V bagi pengguna KB IUD, sangat disarankan melakukan Pap Smear berkala, pemeriksaan sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit, pengambilan sampel juga tidak membutuhkan waktu lama, prosedurnya pun sederhana, cukup dengan mengambil sampel di daerah leher rahim.

Sebanyak 19 ibu telah memanfaatkan program sehat dari pengurus DWP Teluk Bintuni yang bekerja sama dengan RSUD Teluk Bintuni, dan sebagai informasi untuk ikut sebagai peserta pap smear diharuskan tidak dalam keadaan haid saat pengambilan pemeriksaan dan tiga hari sebelum diperiksa tidak berhubungan badan dengan pasangan, kegiatan ini diprioritaskan untuk anggota DWP ( istri ASN).(rls/bm)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.