Gelanggang Argosigemerai Digadang Termegah se Papua

0
121
BINTUNI,KLIKPAPUA.com— Gelanggang Argosigemerai yang dikenal dengan sebutan alun-alun kota Bintuni, yang terletak di SP 5, digadang-gadang sebagai alun-alun termegah se tanah Papua. Hal ini diungkapkan Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw Ketika Meninjau Alun-alun, Jumat (7/5/2021) pekan lalu bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tomi Tulak dan sejumlah kepala OPD.
“Saya kira ini gelanggang terbaik yang ada di tanah Papua, saya sudah jalan-jalan ke sejumlah tempat seperti di Kabupaten Sorong tapi tidak sebagus ini” kata Bupati.
Dikatakan Kasihiw, Alun-alun argo ini sudah menghabiskan anggaran sebesar Rp 50 miliar lebih, dengan sejumlah fasilitas seperti lapangan sepak bola, tribun, lapangan voli, tenis lapangan, baseket dan futsal, yang dikelilingi pagar beton, lampu2, serta tempat duduk santai bagi warga.
Dana sebesar Rp 50 miliar untuk membangun alun-alun ini, memang diakui sangat besar, namun karena pembangunannya dilengkapi dengan daerah resapan air dibawahnya, maka jumlah itu kata Bupati wajar. “Memang ini cukup mahal tapi ini kan jadi monumental karena pusat kota kegiatan-keguiatan akan kita lakukan di sini jadi kita buat yang terbaik” kata Bupati lagi.
Tak hanya alun-alun Kampung Argosigemerai juga kedepan akan menjadi pusat kota Bintuni, di mana jalan masuk dari pintu gerbang menuju alun-alun akan dibangun trotoar di kanan dan kiri jalan, yang dihiasi dengan lampu taman. “Saya sering sampaikan kepada orang orang sp 5 bahwa pusat kota Bintuni ada di sini, maka kita mulai benahi pelan pelan, ada beberapa ruas jalan lingkungan yang belum selesai kita akan cor dan aspal supaya lebih bagus” kata mantan kepala Bappeda Teluk Bintuni ini.
Bangunan gereja, masjid juga kantor kampung di samping alun-alun, juga akan dipermegah lagi kedepan, hal ini karena posisi gereja dan masjid yang bersebelahan dianggap menjadi simbol kerukunan umat beragama.
Namun rencana pembangunan fasilitas umum diatas akan dilakukan Bupati baru akan dilakukan pada masa jabatannya di periode ke dua. “Untuk jalan pintu masuk karena kondisi Covid tahun ini kita belum bisa, tahun depan masuk di periode kedua, mungkin akan dibenahi semua termasuk jalan keliling ini, sudah diaspal tapi akan perbaikan selokan dan trotoar harus dibuat,” pungkas Bupati. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.