Buka Musrenbang RPJMD, Wabup Matret Minta Perhatikan 7 Poin Penting Ini

0
77
BINTUNI,KLIKPAPUA.com—Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Teluk Bintuni periode 2021-2026 digelar di Gedung Serbaguna Kota Bintuni Rabu (8/12/2021).
Dibuka Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, Musrenbang ini diminta untuk memperhatikan 7 poin penting yakni, sinkronisaai peraturan perundang-undangan, kompilasi data perencanaan dengan baik dan terstruktur berdasarkan aspek geografi dan demografi, penelaahan RTRW serta memperhatikan kawasan lindung dalam penelaahan rencana pola ruang, analisis pengelolaan keuangan dan kerangka pendanaannyaa, analisa isu-isu strategis secara tepat, perumusan penjelasan visi-misi dikembangkan dan dijabarkan sesuai dengan prinsip pembangunan daerah, mensinergikan dengan kebijakan perencanaan provinsi maupun pusat.
“Kebutuhan terhadap ketersediaan rencana pembangunan daerah yang adaptif, aspiratif dan mampu menjadi rujukan pelaksanaan pembangunan di daerah, menjadi semakin penting dalam era otonomi daerah, Rencana pembangunan daerah disusun tidak hanya berdasarkan potensi, unggulan dan kemampuan yang dimiliki masing-masing daerah, tetapi juga harus mampu bersinergi dengan rencana pembangunan nasional,” kata Wakil Bupati.
Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapelitbangda Yusuf Isir mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RPJMD Teluk Bintuni adalah rangkaian kegiatan penyusunan RPJMD dalam rangka penyempurnaan terhadap tujuan sasaran strategi arah kebijakan program pembangunan daerah RPJMD tahun 2021-2026 sebagaimana diatur sesuai Permendagri no 86 tahun 2017.
Kegiatan penyusunan RPJMD tahun 2021-2026 yang sudah diatur dalam permendagri nomor 86 tahun 2017. Selanjutnya akan menjadi dasar dalam perumusan rancangan akhir RPJMD Kabupaten Teluk Bintuni tahun 2021-2026.
“Sebelum dilakukan finalisasi musrenbang ini, dilakukan sejumlah rangkaian kegiatan yakni pelaksanaan forum konsultasi publik rencana awal RPJMD Kabupaten Teluk Bintuni tahun 2021-2026, yang telah dilaksanakan pada tanggal 02 Desember 2021, dengan melibatkan stakeholder terkait dan finalisasi pengisian indikator tujuan dan sasaran RPJMD yang telah dilaksanakan pada 7 desember 2021,” kata Yusuf Isir.
Sementara itu sejumlah tamu undangan dilibatkan dalam finalisasi musrenbang ini selain perwakilan Pemda, OPD dan fokopimda, sejumlah perwakilan dari masyarakat adat, organisasi pemuda, lembaga masyarakat, pemerintah vertikal dan perbangkan juga turut hadir dalam kegiatan ini.
Kegiatan direncanakan akan dilaksanakan selama dua hari yang menghadirkan Kepala Bidang Data Bappeda Papua Barat Leonel R Koirewa. (dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.