1 Unit Mobil Damkar Tiba, Bupati Kasihiw Pesan Rawat dan Gunakan Dengan Baik

0
44
Satu unit mobil Damkar diserahkan Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw kepada Kepala BPBD Melianus Naa, di Kantor Bupati SP 3, Distrik Manimeri, Senin (14/9/2020). (Foto: Humas dan Protokol Setda Teluk Bintuni)
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Satu unit mobil pemadaman kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni telah tiba di Bintuni. Secara simbolis mobil Damkar diserahkan oleh Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw kepada Kepala BPBD Melianus Naa, di Kantor Bupati SP 3, Distrik Manimeri, Senin (14/9/2020).
Dalam arahannya, Bupati Petrus Kasihiw menginstruksikan kepada BPBD dan Satpol PP yang akan bekerjasama mengoperasikan mobil Damkar tersebut, agar selalu merawat dan menggunakannya dengan baik dan sesuai peruntukannya. “Saya berharap kendaraan ini sudah di launching, kendaraan ini bisa digunakan dengan baik, semoga mobil ini dijaga dengan baik, tidak dipakai kepentingan lain,” pesan bupati.
Bupati mengatakan ada dua Organisasi Pernagkat Daerah (OPD) yang akan melaksanakan tugas penanganan cepat pada saat kejadian kebakaran, yakni Satpol PP yang memiliki Bidang Damkar dan BPBD dengan petugas reaksi cepat yang bertugas menyelematkan korban dan harta benda.
“Dalam bencana kebakaran itu bukan saja kita memadamkan api saja, tapi kita harus menyelamatkan nyawa manusia, menyelamatkan harta benda, jangan sampai petugas pemadam kebakaran sibuk selamatkan orang lagi atau selamatkan harta benda, tidak bisa, tugas mereka memadamkan api, sehingga itu harus dipikirkan dengan baik, harus ada kekompakan yang harus dibangun,” tegas bupati.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Kasihiw juga berjanji akan mendatangkan lagi satu unit mobil Damkar. Agar bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. “Kita harus melakukan pengadaan satu unit lagi tahun depan, karena jarak kita di kota ini sangat panjang, nanti akan susah kalau ada mobilisasi dari ujung ke ujung (dari wilayah Kompi ke Kantor Bupati), jadi satu standby menjalankan tugas ke arah Kompi, dan yang lain bertugas mengarah kantor bupati,” ujarnya.
Pasalnya, mobil Damkar ini harus didukung dengan mobil tangky air yang beroperasi melayani menyuplai air. Jika tidak ada akan mentulitkan mobil Damkar mendapatkan air, karena di Bintuni belum ada hidran kebakaran.
Sementara itu Kepala BPBD Melianus Naa mengatakan siap bekerjasama dengan Satpol PP dalam melaksanakan tugas jika terjadi bencana kebakaran.  “Mobil ini kita akan jaga, Bidang Damkar Satpol PP nanti yang akan operasikan, dan anggota kami dari BPBD juga akan libatkan dan diterjunkan apabila terjadi situasi kebakaran,” pungkasnya. (at)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.