SKK Migas – Petrogas (Basin) Ltd. Bangun Fasilitas Air Bersih Bagi Masyarakat Kampung Klawor, Distrik Seget, Kabupaten Sorong

0
Peresmian fasilitas air bersih bagi masyarakat kampung Klawor, Distrik Seget, Kabupaten Sorong.
SORONG,KLIKPAPUA.com– Guna memudahkan masyarakat di sekitar wilayah operasi, khususnya yang berada di Kampung Klawor, Distrik Seget, Kabupaten Sorong dalam mendapatkan akses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, SKK Migas bersama Petrogas (Basin) Ltd. melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Bidang Infrastruktur, memberikan dukungan berupa fasilitas kolam air dan pompanya, bak penampung air, beserta fasilitas penunjangnya.
Peresmian secara simbolis dilakukan pada Kamis, 14 Juli 2022 dan dihadiri oleh Bupati Sorong, Johny Kamuru, beserta jajarannya; perwakilan SKK Migas Perwakilan Wilayah Papua dan Maluku, Idham Akbar; Kepala Distrik Seget, Marthen Pangala; Danramil 1802-04/Seget, Kapten Inf. Nimrod Duwith; Kapolsek Seget, Ipda Heriyanto, serta Kepala Kampung Klawor, Abner Malakamen.
Bupati Sorong menyampaikan apresiasinya terhadap Petrogas (Basin) Ltd., “Melihat beberapa tahun ini, walaupun di suasana pandemi tetap ada kegiatan-kegiatan baik yang dilakukan Petrogas (Basin) Ltd. terhadap masyarakat. Terbukti ada beberapa kegiatan yang dilakukan di tempat berbeda di wilayah operasi Petrogas (Basin) Ltd.,” seperti yang disampaikan oleh Bupati Sorong, Johny Kamuru.
Pada kesempatan ini, General Manager Petrogas (Basin) Ltd., Rickson Lumbanbatu, menyampaikan terkait pelaksanaan PPM Bidang Infrastruktur ini terealisasi berkat kerja sama berkelanjutan antara Petrogas (Basin) Ltd., SKK Migas dengan Pemerintah Kabupaten Sorong. “Melalui kerja sama yang baik dan berkelanjutan antara Petrogas (Basin) Ltd., SKK Migas dengan Pemerintah Kabupaten Sorong, PPM Bidang Infrastruktur ini dapat terealisasikan. Kami harapkan masyarakat mendapatkan manfaat dari fasilitas air bersih ini, terutama untuk akses air guna pemenuhan kebutuhan sehari-hari, yang dapat mendukung peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi, khususnya di Kampung Kampung Klawor, Distrik Seget, Kabupaten Sorong,” demikian yang disampaikan oleh General Manager Petrogas (Basin) Ltd., Rickson Lumbanbatu.
Pembangunan fasilitas air bersih ini juga dibantu secara swadaya oleh masyarakat Kampung Klawor. Selain penyediaan fasilitas air, Petrogas (Basin) Ltd. juga menyiapkan fasilitas penyaluran air langsung ke 27 titik keran di masing-masing rumah masyarakat Kampung Klawor, termasuk sekolah dasar dan rumah ibadah.
Kepala Kampung Klawor, Abner Malakamen, menyambut baik dukungan fasilitas air bersih untuk kebutuhan sehari-hari bagi masyarakatnya ini. “Terima kasih kepada Petrogas (Basin) Ltd. atas pembangunan fasilitas air ini. Sesuai dengan prosedur penggunaan mesin yang disarankan, dalam satu minggu kami dua kali menyalakan mesin untuk pengisian air dalam bak penampung. Kami juga akan merawat mesin dengan menjaga oli mesin dan memperhatikan bahan bakar mesin. Saat ini, kami juga sudah siapkan petugas untuk menjaga mesin air,” ungkapnya.
Hal serupa juga disampaikan oleh masyarakat Kampung Klawor sebagai penerima manfaat langsung dari keberadaan fasilitas air bersih ini. Mereka jadi lebih mudah lagi mendapatkan air guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Selama 9 tahun ini saya masih mengangkat air dari sumur ke rumah. Sekarang air sudah masuk ke rumah saya. Jadi, saya sangat berterima kasih kepada Petrogas (Basin) Ltd. ,” seperti yang disampaikan Meri Dominggas Klasias, salah satu penerima manfaat di Kampung Klawor.
“Selama ini kami kesulitan mendapatkan air, tapi kini dengan adanya bantuan Petrogas (Basin) Ltd. air kini sudah siap pakai,” tambah Ando Wan, masyarakat Kampung Klawor.
Selain meresmikan dukungan fasilitas air bersih di Kampung Klawor, di hari yang sama juga dilakukan peresmian PPM bidang infrastruktur Talud Kampung Kasim yang berada di Kampung Kasim, Distrik Seget. Talud ini dibangun sebagai upaya Petrogas (Basin) Ltd. untuk membantu mencegah abrasi di yang ditimbulkan oleh ombak atau arus laut, sehingga tanah yang berlokasi pada dua rumah ibadah di Kampung Kasim dapat terhindar dari abrasi. (rls)

SPACE
SPACE
SPACE
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.