Hari Lingkungan Hidup, SKK Migas-KKKS Petrogas (Basin) dan Petrogas (Island) Bersama Pemkab Sorong Tanam Pohon

0
95

SORONG,KLIKPAPUA.com–Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2022, dan mendukung program Pemerintah Kabupaten Sorong, SKK Migas – KKKS Petrogas (Basin) Ltd dan Petrogas (Island) Ltd berkolaborasi dan berkontribusi bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong dalam acara penanaman bibit pohon mangrove di kawasan area KKKS Petrogas (Basin) yang berlokasi di Sumur North Klalin #1, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Jumat (3/5/2022).

Dukungan sebanyak 1.000 bibit pohon buah produktif juga telah diserahkan oleh R&C Field Manager KKKS Petrogas (Basin) Bpk Marcus Rumaropen bersama FOM KKKS Petrogas (Island) Ltd Mustaman kepada Pemerintah Kabupaten Sorong melalui Dinas Lingkungan Hidup, di antaranya 200 bibit pohon rambutan, 150 bibit pohon matoa, 150 bibit pohon trambesi, 300 bibit pohon pinang, dan 200 bibit pohon ketapang.

Acara penanaman pohon mangrove secara simbolis di Kawasan KKKS Petrogas (Basin) dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Sorong  Suka Harjono, S.Sos,.M.Si,. Staf Ahli Bupati, Asisten dan pimpinan OPD Kabupaten Sorong. Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua & Maluku Subagyo,Kapolres Kabupaten Sorong AKBP. Iwan P. Manurung, S.I.K,Paban Sintel Pasmar 3 Mayor Marinir Suprapto,. Danyonzipur 20/Pawbili Pelle Alang Sorong Mayor Czi Donny Pramudya Mahardi,. R&C Field Manager KKKS Petrogas (Basin) Marcus Rumaropen,. FOM KKKS Petrogas (Island) Ltd Bpk Mustaman, Plt. Kepala Balai Besar KSDA Papua Barat Budi Mulyanto, S.Pd.,M.Si,. Perwakilan PT. Petrosea Sumarno,. Perwakilan PT. Kilang Pertamina RU VII Kasim,. Perwakilan PT. Hendrison Inti Persada,. Kepala Distrik Aimas, Mahasiswa Perguruan Tinggi Unimuda Sorong, LSM Papua forest dan Jurnalis Kabupaten Sorong.

Kegiatan diawali dengan laporan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong, Agustinus Assem SH,. M.Si, yang menyampaikan pelaksanaan penanaman pohon mangrove secara simbolis, dan penyerahan bibit tanaman buah yang telah diterima, akan disalurkan kepada kepala Distrik Aimas, Distrik Seget dan Distrik Jeflio, untuk ditanam.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Sorong juga akan memberikan piagam penghargaan kepada lima perusahaan yang telah membantu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, pada puncak acara HUT Kabupaten Sorong.

Dalam sambutan Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku  Subagyo menyampaikan SKK Migas dalam perencanaan strategis _Indonesia Oil and Gas (IOG)_ 4.0 telah menjadikan lingkungan sebagai salah satu tujuan dalam memperhatikan lingkungan dengan menerapkan konsep _triple bottom line, yaitu people, planet dan profit_ serta tetap konsisten menjaga kinerja industri hulu migas nasional dalam peningkatan produksi migas untuk mencapai target satu juta barel minyak per hari dan 12  miliar standar kaki kubik gas per hari di tahun 2030, ujar Subagyo.

“Kegiatan penanaman pohon merupakan komitmen industri hulu migas di tahun 2022 untuk terus melakukan langkah nyata penghijauan dalam mendukung keberlanjutan lingkungan serta upaya pemulihan lingkungan di sekitar wilayah operasi KKKS,” Kata Subagyo.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku berharap bila kegiatan penanaman pohon dilakukan secara membudaya, tentu dapat bermanfaat dan menjadi warisan bagi anak cucu di masa depan.

Wakil Bupati Kabupaten Sorong Suka Harjono, S.Sos,.M.Si dalam sambutan menyampaikan terima Kasih kepada SKK Migas-KKKS Kluster Sorong baik KKKS Petrogas, Pertamina Zona 14 Field Papua, mitra Petrosea serta seluruh stakeholder yang hadir saat ini atas kerjasama mendukung program Pemerintah Kabupaten Sorong untuk menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup.

Harjono juga menyampaikan dimana kegiatan hari ini akan meninggalkan nilai positif terhadap masa depan anak cucu kita dan juga lingkungan kita ketika kita merawat dan memeliharanya, ungkap Harjono.

Disela sambutan, Wakil Bupati  Sorong mengajak masyarakat untuk ikut terlibat pada HUT Kabupaten Sorong dalam acara jalan santai pada tanggal 10 Juni, serta berharap untuk semua stakeholder dan elemen masyarakat bersama mahasiswa, dan Lsm agar saling mengontrol, mengawasi dan mendukung program pemerintah daerah demi kemajuan terutama lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Sorong,tutup Harjono.(rls)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.