TPU Tak Lagi Memadai, Bupati Waran Tinjau Lokasi Lahan Baru

0
174
MANSEL,KLIKPAPUA .com – Kapasitas daya tampung Tempat Pemakaman Umum (TPU) di kota Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, tidak lagi memadai. Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran mengatakan perlu segera disiapkan TPU baru. Menindaklanjuti hal ini, Bupati bersama Pemilik Hak Ulayat, Kamis (14/1/2021) mulai meninjau lokasi persiapan TPU di Warnapi, Dusun Snerut, Kampung Abreso.
Luas lahan yang diserahkan Pemilik Hak Ulayat kepada pemerintah daerah seluas 15 hektar (ha). “Untuk kepengurusan lahan ini akan diselesaikan oleh pemerintah daerah bersama pemilik hak ulayat setempat,” ujar Bupati.
Setelah meninjau lokasi  itu, nantinya akan dibuatkan master plan perencanaan TPU, dan kedepan untuk meminimalisir penggunaan lahan pekuburan dibuat proto tipe. “Artinya tidak ada menggunakan pondok-pondok atau seng, semua menggunakan Nissan supaya kapasitas lahannya tidak cepat penuh,” tuturnya.
Pengelolaan kuburan kedepan akan dibuatkan peraturan Bupati. Oleh sebab itu nantinya akan dibentuk organisasi internal untuk menata dan memantau pemakaman maupun pembersihan dari taman pemakaman umum yang disediakan kepada masyarakat umum ini, dan akan berada dalam pengawasan dan pengurus pengelolaan oleh Pemda.
Lanjut orang nomor satu di Mansel ini, Proses Land Clearing (pembukaan lahan) untuk tempat pekuburan ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat. (eap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.