Suhu Tubuh di Atas 37,3 Derajat Celsius, KPU Mansel Siapkan Bilik Khusus

0
107
Simulasi pemungutan dan perhitungan suara oleh KPU Manokwari Selatan. (Foto: Andi/klikpapua)
MANSEL,KLIKPAPUA.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari Selatan menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara dengan protokol kesehatan pencegahan, pengendalian Covid-19.
Simulasi tersebut berlangsung di Pendopo Baypas Laharoi Abreso, Jumat (4/122020). Kegiatan simulasi ini secara resmi dibuka oleh Ketua KPU Anthon J. Wopairi dengan dihadiri perwakilan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari enam distrik.
Simulasi itu dipimpin oleh Komisioner KPU Mansel Bagian Divisi Teknis, Francis Makabori, yang diperankan oleh PPS dan KPPS Distrik Ransiki. Semua anggota KPPS wajib tiba di TPS sebelum pukul 07:00 WIT dan terlebih  dahulu Linmas telah berada di lokasi untuk mensterilkan areal TPS dengan desinfektan.
Saat tiba di TPS semua petugas KPPS wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan di ukur suhu badannya oleh tim medis.Bagi petugas KPPS yang suhu badannya di atas 37,3 derajat tidak diperkenankan masuk areal TPS/digantikan anggota KPPS cadangan.
Selain itu, bagi pemilih bersuhu di atas 37,3 derajat disiapkan bilik khusus untuk digunakan sebagai tempat mencoblos serta tidak diperkenankan masuk areal TPS.Semua pemilih saat datang di TPS, diwajibkan menggunakan masker serta tidak diperkenankan menggunakan atribut kampanye apabila datang mencoblos. Jika ada yang datang menggunakan atribut kampanye akan diminta untuk kembali mengganti pakaian.
Setelah batas waktu pencoblosan sudah habis, semua anggota KPPS keluar dari areal TPS untuk kembali disterilisasi oleh Linmas sebelum dilanjutkan pada perhitungan suara. Disela-sela simulasi, Komisioner Bagian Divisi Teknis Francis Makabori juga mengimbau kepada masyarakat agar jangan takut untuk datang di TPS, karena semua penerapan protokol kesehatan sudah disiapkan dan jamin TPS steril.
Sementara itu, Ketua KPU Anthon J, Wopairi saat ditemui klikpapua.com usai kegiatan berharap kepada perwakilan anggota PPS yang hadir, apabila kembali ke wilayahnya masing-masing, dapat menerapkan dan mencotohkan sesuai hasil simulasi di dapat, hari ini.
Sejumlah pejabat yang turut hadir, Kapolres Manokwari Selatan AKBP Slamet H. Termawud, SH, Wakapolres Kompol Suroto, serta perwakilan Bawaslu. (eap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.