Resmikan Gedung Baru Puskesmas Ransiki, Gubernur Harap Jadi Puskesmas Rujukan

0
327
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan resmikan gedung baru Puskesmas Ransiki di Kampung Sabri, Distrik Ransiki, Rabu (27/5/2020) siang. (Foto: Salamisi)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meresmikan Puskesmas Ransiki yang berada di Kampung Sabri, Distrik Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Rabu (27/5/2020) siang.
Saat peresmian, Gubernur Dominggus didampingi Bupati Manokwari Selatan Markus Waran, Wakil Bupati Wempi Welly Rengkung serta pimpinan OPD Provinsi Papua Barat maupun Kabupaten Manokwari Selatan.
Gubernur dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para bupati/walikota sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 di kabupaten/ kota dan juga apresiasi diberikan kepada paramedis, para dokter yang sudah bekerja maksimal  yang sudah bisa merawat para pasien hingga sembuh. “Dan semua itu karena ada campur tangan Tuhan.”
Gubernur harap puskesmas yang baru diresmikan itu, nantinya bukan hanya merawat warga Ransiki, tetapi juga menjadi puskesmas rujukan bagi daerah sekitar Ransiki.
Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan  menyampaikan pembangunan Puskesmas Ransiki proto tipe/ percontohan puskesmas yang representative disetiap kabupaten/kota.
Kontribusi yang diberikan Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan dan masyarakat Ransiki sendiri mulai dari pemerintah menyiapkan lokasi pembangunanan puskesmas sesuai dengan kebutuhan, serta memberikan jaminan obesifitas pembangunan gedung puskesmas sehingga tidak terjadi hambatan pada setiap tahapan  pembangunan. “Serta masyarakat ikut mengawal pembangunan puskesmas hingga selesai, “ ungkapnya.
Pembangunana Puskesmas Ransiki ini memakan waktu empat tahun sejak tahun 2015, 2017-2019 dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 16 M lebih dan pernah mengalami gagal lelang pada tahun 2017.
“Anggaran sebesar ini menghasilkan bangunan  gedung puskesmas yang representative yang terdiri dari dua lantai  dengan rincian  lantai satu seluas 1764 meter persegi, lantai dua 688 meter persegi, sehingga total luas laintai 2.452 meter persegi, dengan kapasitas tempat tidur yang disediakan  adalah 18 tempat tidur dan sudah dioperasikan beberapa bulan oleh Dinas Kesehatan  Kabupaten Manokwari Selatan,” jelas Otto dalam laporannya.
Usai meresmikan Puskesmas Ransiki,  Dominggus Mandacan atas nama keluarga juga menyerahkan bantuan yang diterima langsung Bupati Manokwari Markus Waran didamping Wakil Bupati Manokwari Selatan, Wempi Welly Rengkung. (aa/bm)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.