Pemkab Kaimana Hibahkan 1 M untuk Pemilu

0
330

KLIKPAPUA,KAIMANA- Pemerintah Kabupaten Kaimana menghibahkan anggaran Rp.1 Miliar untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019 di daerah itu.

Dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Kaimana Tahun Anggaran 2019 ini dialokasikan ke KPU Kaimana untuk membantu tambahan biaya honor petugas KPPS, PPD dan Linmas yang dikeluhkan terlampau kecil, sementara tugas dan tanggungjawab para petugas cukup berat.  

Sekretaris Daerah Kaimana, Rita Teurupun, S.Sos menyampaikan ini saat dikonfirmasi terkait bantuan dana hibah dari Pemda Kaimana kepada KPU Kaimana dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi Pemilu 17 April 2019.  

Ditemui disela memantau proses pemuatan logistik Pemilu menuju distrik di Pelabuhan Kaimana, Senin (15/4/2019), Sekda mengatakan, bantuan hibah ini dialokasikan untuk mendukung tugas dan tanggungjawab penyelenggara Pemilu tingkat distrik dan kampung, dalam hal ini PPD dan KPPS termasuk Linmas.

“Bendahara kami hari ini ke Bank dan sekarang sedang proses pemindah bukuan dari rekening Pemda ke rekening KPU karena mereka rekeningnya Bank Mandiri. Total dana 1 Miliar, ini sebagai hibah dari Pemda Kaimana untuk mendukung tugas Linmas, KPPS dan PPD,” terang Sekda.

Dijelaskan, hibah diberikan karena tugas dan tanggungjawab PPS, PPD dan Linmas cukup berat dalam mensukseskan Pemilu. Sementara honor yang dibayarkan kepada mereka lanjut Sekda,  terlampau kecil sehingga Pemerintah Kabupaten Kaimana berkebijakan memberikan bantuan hibah untuk tambahan honor petugas.

“Sebenarnya kita tidak bantu lagi karena menurut informasi sudah ada bantuan dari provinsi. Tetapi karena PPD, PPS dan Linmas ini honornya terlalu kecil, sementara tugas dan tanggungjawab mereka cukuo berat, akhirnya kita suport mereka dari situ. Kita tambahkan untuk ketua 500 ribu, anggota 350 ribu dan Linmas 300 ribu,” ungkap  saja.

Ditambahkan, mensukseskan pelaksanaan Pemilu merupakan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat, termasuk Pemerintah Daerah. “Ini hajatan negara, makanya saya ada disini untuk memastikan bahwa semua berjalan baik. Sebagai penyelenggara negara kami diberi tanggungjawab dan berkewajiban untuk mensukseskannya,” pungkasnya. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.