Mansel Terapkan Sistem Konsultasi Via Telepon Antara Pasien dengan Petugas Kesehatan

0
167
Satgas Covid-19 dan Petugas Kesehatan melakukan tatap muka, Senin (23/3/2020) di Puskesmas Oransbari.
MANSEL,KLIKPAPUA.COM– Dalam rangka penguatan pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Manokwari Selatan, Satgas dan Petugas Kesehatan, Senin (23/03/2020) melakukan tatap muka dalam rangka penyamaan presepsi standar pelayanan di puskesmas. SOP tersebut disusun dengan dasar pengamanan petugas dan kenyamanan pasien.
Ketua Tim Satgag Covid-19 Mansel dr. Hengky Veky Tewu menyampaikan bahwa dalam situasi saat ini pihaknya bersama-sama dengan petugas kesehatan di garda terdepan akan menyusun skenario lain dibanding dengan biasanya, apabila dalam situasi normal pasien dianjurkan untuk datang ke fasilitas kesehatan maka dalam situasi saat ini layanan kesehatan puskesmas akan melakukan layanan konsultasi via telepon seluler.
“Untuk sementara, kita akan jalankan sistem konsultasi via telepon, apabila pasien melalui hasil konsultasi dokter perlu di datangi maka petugas akan ke rumahnya, dan apabila hanya perlu dikasih obat, maka akan dikirimi obat dan dianjurkan untuk datang ke puskesmas apabila memang itu perlu, ini dimaksudkan untuk mengurangi kontak langsung antara petugas dan pasien serta pasien dengan pasien lainnya,” jelasnya.
Pada kesempatan itu, Hengky juga menyampaikan bahwa upaya-upaya lain yang akan dilakukan adalah skenario pemanfaatan petugas. Skenario ini dimaksudkan untuk mengurangi potensi ODP bagi para petugas, apabila semua petugas masuk bersamaan kemudian pada hari yang sama ada pasien yang minimal masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maka petugas yang memberi pelayanan akan menjalani karantina mandiri selama 14 hari.
“Dan pada saat itu terjadi, kita harus masih punya sumber daya yang cukup untuk melanjutkan pelayanan, sebab pelayanan kesehatan lainnya di puskesmas harus tetap berjalan maksimal,” tambahnya lagi.
Sesuai pantauan media, pertemuan tim satgas ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Manokwari Selatan, Wakapolres Manokwari Selatan, Ketua Dewan Adat Mansel Yusuf Kawey, Kapolsek Oransbari, Kepala Distrik Oransbari, para kepala bidang di Dinas Kesehatan, Kepala BNPB Mansel serta beberapa anggota satgas lainnya.
Setelah pertemuan satgas juga langsung memberikan pengumuman kepada warga tentang beberapa poin yang mereka sepakati, terutama tentang social distancing, dimana untuk urusan kesehatan tim telah melampirkan nomor kontak yang harus mereka hubungi apabila membutuhkan layanan.(eap/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.