Ini Arahan Gubernur  Saat Pengapalan Biji Kakao Kering Asal Ransiki

0
59
Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan
MANSEL, KLIKPAPUA.com– Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan saat melepas pengapalan Biji Kakao Kering menuju Surabaya sebanyak 12 ton  memberi arahan  kepada seluruh pihak terkait. Dominggus Mandacan mengatakan berkenaan dengan kegiatan hari ini perlu disampaikan beberapa hal, yang akan menjadi arahan bagi semua.
“Pertama kita harus lebih meningkatkan hasil produksi dan  nilai tambah produk kakao perlu segera disusun rencana induk pengembangan dan  rencana usaha (Bisnis Plan), sehingga lebih terarah, efisien dan efektif dalam pengembangan komoditas biji kakao kering  ini,” ungkap Gubernur di Pelabuhan Manokwari, Kamis (12/11/2020).
Kedua untuk seluruh  OPD teknis terkait di Pemerintah  Provunsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari Selatan untuk mengambil peran lebih besar dalam pembinaan Koperasi Eiber Suth dan Petani Kakao Orang Asli Papua, sehingga akan lebih cepat peningkatan produksi pendapatan dan kesejahteraan.
Ketiga perlu dukungan semua pihak termasuk ( Mitra Pembangunan) untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan industri dan ekonomi kreatif dan inovatif,  terutama di kalangan petani kakao,  dan yang paling  terpenting bagaimana memperbaiki rantai pasok, sehingga lebih murah biaya pengiriman /distribusunya dan  akan meningkatkan harga produk ditingkat petani dan koperasi.
Dominggus juga mengucapkan terima  kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan, mitra pembangunan,  satuan  tugas pengembangan komoditas Kakao,  dan semua yang telah mendukung,  membantu dan  terlibat  dalam proses pelepasan hasil biji kakao kering ini. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.