HUT RA Kartini ke-143, Ketua PKK Ny. Lestari Waran Kenalkan Batik Khas Arfak

0
234
Puncak Peringatan HUT Kartini ke 143 di Pendopo Baypas Abreso,Distrik Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Kamis (21/4/2022). (Foto: Andi/klikpapua)
MANSEL,KLIKPAPUA.com— Gabungan Organisasi Wanita (GOW) memperagakan Baju Batik Khas Arfak pada Puncak Peringatan HUT Kartini ke 143 di Pendopo Baypas Abreso,Distrik Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Kamis (21/4/2022)
Ketua PKK Mansel, Ny. Lestari Waran  saat ditemui awak media, menuturkan, tujuan batik Arfak didesainnya adalah untuk mengangkat dan memperkenalkan budaya suku Arfak dengan budaya lain yang ada. “Saya merindukan, suku Arfak bukan keterbelakangan lagi, Kabupaten Mansel sudah ada berarti suku Arfak juga harus maju, mandiri dan berdaya saing,” harapnya.
Diceritakan, batik ciri khas Arfak miliknya yang sudah di patenkan ada sebanyak 40 motif dan batik tersebut merupakan hikmat Tuhan. “Batik ini saya buat ketika saya tidak bisa berjalan dalam musibah kecelakaan lalu. Namun, Tuhan kasih hikmat untuk saya sehingga saya bisa menghasilkan batik ini,” ungkapnya.
Bukan itu saja, masih ada sebanyak 70 batik lainnya yang sementara dalam pengurusan dan batik ini dibuat tahun 2021 lalu. “Karena keterbatasan anggaran sehingga belum dilakukan produksi secara massal,” ucap istri Bupati Mansel ini.
Sementara Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Mansel, Ny. Petrik Rengkung mengakui sangat memberikan dukungan dengan adanya batik khas Arfak, hasil karya ketua PKK. “Sehingga kesempatan kami untuk promosikan ketika di luar Manokwari Selatan,” ujarnya.
Setiap motif dilukiskan dalam batik hasil karya ketua PKK menurutnya, sudah dilengkapi dengan penjelasan setiap motifnya. Sehingga ketika digunakan di luar cukup mudah untuk dijelaskan.
Dengan adanya karya batik ini, lanjut Petrik, sangat memberikan kebanggaan tersendiri bagi Mansel ketika tampil di luar. Karena ini sebagai ciri khas Mansel. “Dan batik  ini juga akan kami gunakan sebagai seragam GOW,” tuturnya.
Ketua Panitia Peringatan HUT Kartini Mansel, yang juga Ketua Bhayangkari Ratna Tolopan Simanjuntak mengaku terpukau dengan ciri khas batik Mansel buatan Ketua PKK. Ny. Sri lestari Waran. Ia mengatakan sudah membelinya secara khusus dan rencana akan digunakan sebagai seragam batik TK Dharma Wanita Mansel.
Sejumlah pejabat turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wabup Wempi Rengkung, Kapolres Mansel AKBP. Tolopan T. Simanjuntak, Dandim 1808 Mansel Letkol Infanteri Bobby Marsusitaning. (eap)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.