Dukung Objek Wisata Mancing Gunung Botak, Rindam XVIII/Kasuari Gelar Lomba Mancing

0
438
MANSEL,KLIKPAPUA.COM– Sebanyak 110 peserta Mancing Mania ikut meramaikan acara Fishing Competition (lomba mancing) dalam rangka HUT Rindam XVIII/ Kasuari ke-I, yang berlangsung di laut Gunung Botak, Sendasih (Gaya Baru), Sabtu (22/2/2020).
Dari 110 peserta, turut serta peserta asal Manokwari, Wuna Fishing Community Manokwari yang ambil bagian sebagai peserta bersama nelayan dari 3 distrik pesisir di Manokwari Selatan.
Bupati Mansel Markus Waran, sebelum melepaskan peserta lomba menyampaikan batas waktu yang diberikan panitia selama tiga jam di tengah laut dan peserta wajib tiba di daratan pada waktu yang ditentukan, untuk menimbang hasil tangkapan.
Danrindam XVIII/Kasuari melalui Koordinator Lomba Kav. Sidik Pramono mengatakan, lomba mancing tersebut selain untuk menumbuhkan budaya lokal masyarakat pesisir dalam melaut, juga sebagai salah satu ajang memperkenalkan objek wisata mancing yang ada di Gunung Botak, Manokwari Selatan.
Peserta yang mendapatkan juara dalam kegiatan fishing competition, juara 1 di menangkan peserta (nelayan) asal Distrik Oransbari, Mikhel, yang mendapatkan ikan Tengiri seberat 8 kg. Juara 2 kembali juga diraih peserta nelayan Oransbari, Hasan. Yang mendapatkan ikan Tengiri berat 7,2 kg. Juara 3 diraih peserta Wuna Fishing Community Manokwari, Erik, yang mendapat ikan Amerjek dengan berat 6,9 kg, dan juara harapan satu kembali diraih oleh peserta wuna fishing, Jeko, yang mendapat  jenis ikan Amerjek seberat 6 kg.
Danrindam Kolonel Infanteri Ignatius Tri Joko mengatakan, peserta juara satu akan mendapatkan uang sebanyak Rp 10 juta. Juara dua Rp 8 juta, juara tiga Rp 6 juta dan juara harapan satu sebesar Rp 4 juta.
Bupati Markus Waran mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Mancing Mania yang di selenggarakan oleh Rindam. Ia menyampaikan kepada peserta agar tidak melihat besar kecinya hadiah, tetapi dengan hadir pada kegiatan itu sudah ikut terlibat mempromosikan wisata laut yang ada di Gunung Botak.

Lanjut Bupati Waran mengatakan, lewat kegiatan Mancing Mania, wisatawan dapat melihat potensi laut yang ada di Mansel. “Mereka bisa datang ke Manokwari Selatan untuk berwisata mancing di Manokwari Selatan,” tuturnya.
Pada kesempatan itu, Bupati Waran juga menyampaikan akan memberikan hadiah khusus bagi peserta yang mendapatkan juara, dan nantinya akan diserahkan kepada panitia.
Selain hadiah uang yang disebutkan oleh Danrindam. Hadiah akan diserahkan pada Jumat (28/2/2020 mendatang pada saat puncak perayaan HUT Rindam XVIII/Kasuari ke I di Momiwaren.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Manokwari Selatan, AKBP Slamet Haryono, SH, Kepala Dinas Perikanan Mansel, Sekretaris Kebudayaan dan Pariwisata Gerald Wambrauw serta sejumlah masyarakat yang ada di Manokwari Selatan. (eap/bm)

Editor: BUSTAM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.