Dapat Mandat, KNPI Mansel Dorong Pembentukan Karang Taruna Distrik dan Kampung

0
139
Pendidikan Mansel Christopel R.Madacan memberikan materi pada kegiatan KNPI Mansel. (Foto : Ist)

MANSEL,KLIKPAPUA.COM – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Manokwari Selatan menerima mandat dari para pemuda se Kabupaten Manokwari Selatan untuk mendorong dan memfasilitasi pembentukan karang taruna tingkat distrik dan tingkat kampung.

Mandat tersebut disepakati oleh para pemuda yang hadir mewakili kampung masing-masing pada acara peningkatan kapasitas karang taruna yang diselenggarakan oleh KNPI pada 30 September lalu. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Manokwari Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Christopel R. Mandacan.

Kepada Cahaya Papua, Ketua KNPI Mansel Joni Saiba, Selasa (1/10) mengatakan, sebagai tindaklanjut dari mandat yang diberikan oleh kaum pemuda kepada KNPI ini maka dalam waktu dekat akan dilaksanakan temu karya, dalam rangka penyusunan rencana pembentukan karang taruna tingkat distrik dan tingkat kampung bagi yang belum terbentuk.

“Kalau untuk tingkat kampung beberapa sudah terbentuk, namun upaya pembentukan karang taruna tingkat kampung masih akan tetap menjadi agenda karena masih banyak yang belum, akan tetapi paling utama dalam hal ini adalah pembentukan karang taruna tingkat distrik,” katanya.

Joni berharap, dengan terbentuknya karang taruna tingkat distrk akan menjadi tambahan energi untuk mendorong pembentukan karang taruna tingkat kampung bagi yang belum terbentuk. “Bukan hanya sekedar terbentuk, namun KNPI dalam hal ini akan ikut terus memantau apakah potensi muda di setiap kampung ini betul-betul diberdayakan dan diberikan ruang untuk terlibat dalam proses pembangunan di kampungnya masing-masing,” katanya.

Pihaknya juga akan lebih meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari aparat kampung, aparat distrik, dinas sosial, dinas pemberdayaan masyarakat dan aparat kampung, serta dinas pendidikan dan pemerintah daerah agar pembinaan kepada karang taruna ini betul-betul maksimal. “Kami berharap semua pihak bisa memberikan dukungan yang maksimal, sebagai salah satu contoh bahwa karang taruna tidak bisa hanya sebatas disiapkan anggaran di APBDes, namun aparat kampung untuk tahap awal juga harus terus membina potensi muda mereka dan ini butuh komitmen bersama antar beberapa pihak,” tambahnya.

Lebih jauh, Joni menyampaikan, hal lain yang menjadi kesepakatan pada kegiatan peningkatan kapasitas yang mereka selenggarakan selama satu hari itu adalah rencana kerja sama pemda dengan KNPI untuk mensukseskan kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober nanti.(st)

Editor: BUSTAM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.