Warga Distrik Amberbaken Sambut Suka Cita “Aksi Gebyar Merah Putih” 

0
168
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Dewan Pimpinan Daerah Garuda Merah Putih (DPD Garda) Provinsi Papua Barat bersama sejumlah organisasi masyarakat menggelar Aksi Bersama bertajuk “Gebyar Merah Putih” di Distrik Amberbaken, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat.  Kegiatan bakti sosial ini telah dilaksanakan tanggal 6 dan 7 Agustus, sebagai rangkaian kegiatan menyambut HUT RI ke-76.
Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua Barat Frangky Umpain menjelaskan  maksud dan tujuan  dari kegiatan yang dikoordinir oleh Ketua Garuda Merah Putih Papua Barat, Samuel Mandowen. “Kedatangan kami di sini sebagai aksi bersama peringati HUT RI ke-76, kami akan membagikan paket sembako dan sosialiasasi terkait penularan dan pencegahan COVID-19,” ujarnya. Ia berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Jangan dilihat dari nilainya namun ini ketulusan kami dalam berbagi,” jelas Frangky.
Sementara Ketua DPD Garuda Merah Putih Papua Barat, Samuel Mandowen yang juga merupakan Koordinator Aksi Bersama Gebyar Merah Putih mengatakan, kegiatan bakti sosial ini merupakan peran serta dalam memperingati HUT RI ke-76, sebagai bentuk wujud nyata, manfaatnya agar benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.
“Aksi bakti sosial di Distrik Amberbaken ini, merupakan rangkaian dari kegiatan Aksi Bersama Gebyar Merah Putih Peringati HUT RI ke-76. Dalam aksi ini kita siapkan 200 paket sembako, dan sejumlah masker, hand sanitizer, bendera dan pakaian layak pakai, yang telah kami bagikan kepada masyarakat di sejumlah kampung di sini. Kami berharap, bantuan yang telah kami berikan sebagai bentuk kami mengisi kemerdekaan ini dapat bemanfaat bagi masyarakat,” kata Mandowen.
“Sementara kami di sini berbagi kasih dengan masyarakat, di hari yang sama juga diadakan lomba pembersihan pantai yang lokasinya difokuskan dari daerah Kwawi hingga asrama pelayaran. Kegiatan ini dikoordinir langsung oleh komunitas Ketapang Diving dan komunitas lainnya,” sambung Mandowen.
Lanjut Samuel mengatakan, menutup aksi Gebyar Merah Putih  akan diperingati HUT RI ke-76 di Distrik Amberbaken, Kabupaten Tambrauw, yang akan ditandai dengan pembentangan dan pengibaran Bendera Merah Putih seluas 76 meter persegi di sekitaran kawasan Teluk Doreri.
“Meskipun kita masih dalam suasana pandemi, namun hal itu bukan halangan untuk kita wujud nyatakan semangat perayaan HUT RI tahun ini. Kami akan melakukan sesuatu yang berbeda. Kami akan kibarkan bendera raksasa sebagai simbol semangat generasi penerus dalam mengisi kemerdekaan. Selain itu untuk memeriahkan kegiatan ini akan ada lomba perahu hias yang mana pendaftarannya telah dibuka saat ini,” tandasnya.
Kepala Distrik Amberbaken, Andreas Warijo  menyambut baik dan berterimakasih atas aksi bersama ini. Mengenai sosialiasi COVID-19 sendiri menurut Andreas belum dipahami dengan baik oleh masyarakat, sehingga program vaksinasi menjadi hal yang sangat menakutkan bagi warga, sehingga masyarakat selalu takut bila kedatangan tamu dari kota. “Ketakutan masyarakat akan vaksin itu sehingga kalau ada orang dari kota maka masyarakat akan bersembunyi ke hutan karena panik dan takut disuntik. Ini sudah terjadi sekitar 2 minggu lalu dimana masyarakat belum siap untuk divaksin,” sebut Andreas.
Sementara Kepala Kampung Kabibuwan, Mesak Wabia mengatakan, masyarakat di Distrik Amberbaken terlebih khusus di Kampung Kabibuwan sangat bersukacita atas bantuan yang telah diterima. Mesak mengatakan, ini merupakan bantuan pertama yang diterima warganya dalam rangka menyambut HUT RI- ke-76 dan dalam masa pandemi COVID-19.
“Kami sangat senang dan bersukacita karena kami masyarakat di kampung ini bisa mendapatkan bantuan seperti ini. Masyarakat awalnya takut tapi setelah diberikan penjelasan yang baik mereka akhirnya sangat senang dan berterimakasih,” ungkap dia. Menurutnya, selama bantuan dari pemerintah tak knujung mereka terima. Baru kali ini ada yang datang memberikan bantuan kepada mdereka. “Ini pertama kami yang kami terima,” tutur Mesak Wabia.
Pertemuan singkat ini diakhiri dengan penyerahan paket sembako secara simbolis oleh Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, George Dedaida, Ketua Garuda Merah Putih Papua Barat, Samuel Mandowen, Perwakilan Satuan Tugas Mandala, Ketua HATTI Papua Barat, Zeth Morin, Wakil Sekretaris LMA Papua Barat, Leny Prawar dan Direktur Aljun Viber Mandiri, Ulis Wororomi.
Agar kegiatan Bakti Sosial ini dapat berjalan lancar, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Tim beserta rombongan langsung menyerahkan bantuan paket sembako, masker, hand sanitizer, bendera dan pakaian layak pakai ke rumah-rumah warga.  Pembagian sembako tersebut di berikan ke Kampung Wasarak, Saukorem, Manggapnut, wefani dan serayo. Bahkan Tim juga menyerahkan paket bantuan sembako kepada warga di Kampung Warmon, dimana untuk sampai ke kampung ini tim harus menempuh perjalanan laut sekitar 1 jam dari Distrik Amberbaken.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.