Wagub Sampaikan Ini Saat Membuka FGD Merajut Kebhinekaan, Menolak Rasisme

0
48
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Mohamad Lakotani membuka Fokus Group  Diskusi (FGD) dengan tema Merajut Kebhinekaan, Menolak Rasisme, Senin (1/2/2021) di Swiss Belhotem Manokwari.
Wagub mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Barat memberikan apresiasi kepada kepala suku, tokoh masyarakat, tokoh pemuda,  tokoh perempuan, tokoh agama dan tokoh nusantara serta aparat keamanan, yang telah bergerak dengan cepat melakukan konsolidasi dan koordinasi lintas sektor dalam  menjaga Kamtibmas di wilayah Provinsi Papua Barat.
Wagub juga mengatakan dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih  dan beredarnya berita -berita hoax, sehingga masyarakat cepat terpancing/ terpengaruh, tanpa mengetahui kebenarannya apalagi tentang rasisme, sehingga bisa menimbulkan  masalah bahkan perpecahan.
“Rasisme bisa muncul dimana saja baik di Negara berkembang maupun Negara maju,  pelakunya bisa aparat Negara atau anggota  masyarakat, atau bisa saja muncul dari perbedaan kulit, perbedaan kebudayaan yang membawa  pada sekat-sekat peminggiran dan superioritas budaya tertentu,” ungkapnya.
Menurut Wagub, seseorang bisa menjadi rasis karena dipengaruhi oleh pola pikir,  norma sosial di masyarakat dan sistem politik,  ekonomi dan budaya yang memiliki potensi untuk menyebabkan seseorang membentuk prasangka  buruk  yang pada akhirnya membawa pada  perilaku negatif terhadap kelompok masyarakat tertentu.  “Secara sederhana, ide dan kepercayaan yang salah  membentuk prasangka buruk, prasangka buruk kemudian menghasilkan perilaku negatif yaitu diskriminasi,” tandasnya.
Sebagai masyarakat, Wabup berharap, dapat dewasa dan baik dalam menggunakan media sosial, jangan sampai ada unggahan atau postingan yang berpotensi memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Wagub berharap dengan adanya FGD ini akan ada pemikiran-pemikiran, saran, pendapat atau curah pendapat yang akan menjadi pegangan dan pedoman bagi kita untuk menata kehidupan sosial kemasyarakatan.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.