Sikapi Inflasi, Sektor Perikanan dan Perhubungan Jadi Perhatian Pemkab Manokwari di Awal Tahun

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari menaruh perhatian serius terhadap tingginya angka inflasi di daerah ini, hal ini agar kebutuhan bahan pokok di daerah ini tetap stabil.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo meminta tim pengendali inflasi daerah (TPID) Manokwari stabilitas harga pangan menjadi hal yang paling utama menjadi perhatian pemerintah. Oleh karena itu, konsisten mendukung pengendalian indikator inflasi.

Sektor utama penyumbang inflasi di Manokwari adalah transportasi udara, perikanan, sayur mayur.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo, prihatin melihat perkembangan inflasi di daerah ini, padahal akhir tahun lalu kabupaten Manokwari mendapatkan penghargaan DID dari Kemenkeu.

“Kenaikan inflasi di Manokwari tidak bisa dihindari, semua ini pangkal tolaknya sejak kenaikan BBM. Ketika BBM naik, mempengaruhi sektor-sektor lain. Terutama sektor perhubungan yaitu angkutan laut, darat dan udara,” kata Edi saat membuka rapat bersama TPID, Senin (16/1/2023) di Sasana Karya Kantor Bupati Manokwari.

Diakui, beberapa maskapai penerbangan memang mengalami kenaikan harga tiket, begitupun juga dengan harga tiket kapal laut.

Tidak adanya cold storage untuk dapat menyimpan ikan segar dari nelayan, dimana ikan salah satu komoditas penyumbang inflasi tertinggi di daerah ini.

“Kenaikan harga ikan di Manokwari dipengaruhi oleh BBM juga, kemudian faktor cuaca dan peyimpanan hasil tangkapan,” bebernya.

Hal ini pernah disinggung oleh bapak Pj. Gubernur, di Manokwari harus ada cold storage untuk menyimpan ikan hasil tangkapan agar dapat bertahan lama. “Naiknya harga ikan, karena nelayan takut ikan cepat rusak, sehingga wajar kalau ikan harga mahal,” imbuhnya.

Diharapkan Wabup, seiring turunnya harga BBM diawal tahun, harga komoditas ikan di pasar dan komoditas lainnya dapat segera stabil.

Wabup juga meminta, TPID dapat memberikan solusi dalam menangani inflasi di daerah ini.

Untuk harga tiket pesawat, keweanngan ada Pemerintah provinsi melalui Dinas Perhubungan untuk dapat menyampaikan kepada menteri perhubungan, dari dirjen perhubungan udara bisa komunikasi dengan maskapai-maskapai yang ada di Jakarta.

“Dengan adanya pertemuan antara TPID diawal tahun tang baik ini, diharapkan dapat memberikan solusi-solusi dalam menangani tingginya inflasi di Manokwari,” kata Wabup Edi. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.