Sambut Ultah, Baznas Khatamkan Al-Qur’an 1000 Kali

0

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Menyambut milad ke 22 yang jatuh pada 17 Januari, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar kegiatan menghatamkan Al-Qur’an sebanyak 1000 kali.

Acara akbar yang digagas Basznas Pusat ini dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia, melibatkan semua Baznas Provinsi dan kabupaten, mulai dari Sabang hingga Merauke. Termasuk pula lembaga amil zakat, pesantren dan sekolah-sekolah.

Untuk memenuhi target 1000 kali khatam, Basnas membagi tugas kepada Baznas Provinsi dan Kabupaten. Baznas Provinsi misalnya, mendapat jatah tiga kali khatam.

“Alhamdulilah, Kami di Baznas Papua Barat telah melaksanakan dengan lancar. Kami melibatkan SMA Yapis, Pesantren Hidayatullah dan para hafiz Qur’an yang ada di Manokwari,” ujar Ketua Baznas Papua Barat, Ali Mustofa.

Meski informasinya agak mendadak, kegiatan khataman ini disambut cukup antusias oleh mereka yang mengambil bagian. Guru Agama Islam SMA Yapis, Mardiah Ulfah, S.Pd.I mengaku senang dengan kegiatan ini.

“Begitu diminta Baznas, saya langsung sampaikan kepada para siswa. Saya bagi kepada 30 siswa. Jadi, seorang satu juz,” ujar Ulfa yang juga kordinator pembimbing siswa ini. Ulfa berharap kegiatan ini menjadi motivasi buat siswa sekaligus membuat mereka lebih dekat dengan kitab sucinya.

Hal senada disampaikan pengasuh Pondok Pesantren Hidayatullah, ustadz Burhanudin Ibnu, S. Pd.I. Kegiatan khataman yang digelar di masjid usai sholat isya tersebut melibatkan puluhan santri. Dengan penuh hikmat para santri melantunkan ayat ayat suci Al-Qur’an. “Semoga ini menjadi wasilah kebaikan buat kita semua. Dan harapannya untuk Baznas Priovinsi Papua Barat lebih profesional, amanah dan semakin bermanfaat untuk umat,” ujar ustadz usai khataman yang diaminkan para santri.

Sebelumnya, di tempat berbeda, Ustaj Syarifudin, Pengelola Tahfiz Qur’an di SP 4 Prafi mengatakan, acara khataman 1000 kali ini semoga menjadi syiar di Indonesia sekaligus semangat kepada umat menjadikan kitab ini bacaan wajib kapan dan di manapun.

“Semoga kegiatan semacam ini menjadi tradisi setiap tahun. Dan semoga sebagai pelopor, Baznas semakin luas melayani umat,” ujar pria berkaca mata ini penuh harap.

Selain kegiatan khataman Al-Qur’an, menyambut milad ini, Baznas Papua Barat juga telah melakukan khitanan massal di Kabupaten Raja Ampat beberapa waktu lalu. Sebanyak 24 anak yang disunat. Termasuk memberikan santunan pendidikan kepada 10 siswa kurang mampu di SMA Yapis Manokwari.

Secara nasional, dalam rangkaian milad ke 22 ini, Baznas melakukan kegiatan 1000 kali khataman Qur’an, memberikan santunan kepada 2000 yatim piatu dan sunatan masal untuk 2000 anak. Terima kasih muzaki, terima kasih mustahik.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.