Punya Kakao Kualitas Dunia, Pemkab Mansel Terus Dorong Pengembangan

0
51
Wakil Bupati Manokwari Selatan Wempi Welly Rengkung. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan berterima kasih kepada Gubernur Papua Barat  Dominggus Mandacan dan pimpinan OPD yang telah turut membantu Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan dalam pengembangan tanaman kakao.
Hal ini disampaikan Wakil Bupati Manokwari Selatan Wempi Welly Rengkung saat menghadiri Pengapalan Biji Kakao Kering di Pelabuhan Laut Manokwari, Sabtu (25/9/2021).
Menurutnya Koperasi Ebier Suth yang dalam pembinaan Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan akan mengapalkan pengiriman Biji Kakao ke PT. Cargill Indonesia Surabaya sebanyak 10.500 kg (10,5 ton) dan Jika Chocolate Jakarta sebanyak 400 kg, dari hasil olahan dari Koperasi Eiber Suth sejak bulan Jabuari sampai September.
“Hari ini merupakan pengiriman yang kelima sesudah Bapak Gubernur Papua Barat melakukan ekspor perdana pada bulan Januari yang lalu. Kegiatan pembinaan Koperasi Ebier Suth dalam ekspansinya dalam melakukan pengelolaan kakao yang ada di Kabupaten Manokwari Selatan Eks Cokran di masa lampau terus berkelanjutan,” ungkap Wempi.
Katanya dimana sepanjang tahun 2021 Gubernur Papua barat telah memberikan satu program bagi Pemda Kabupaten Manokwari Selatan lewat Pembangunan Gedung Serba Guna/Gedung Inovasi yang secara khusus akan lebih banyak bergerak di bidang Kakao Kabaputen Manokwari Selatan.
“Gubernur Papua Barat dan pimpinan OPD telah turut membantu Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan dalam pengembangan tanaman  cokelat di Kabupaten Manokwari Selatan. Sudah barang tentu apa yang dipikirkan Gubernur dalam membangun Gedung Inovasi ini tentunya akan disambut oleh seluruh masyarakat, petani di Kabupaten Manokwari Selatan,” tandasnya.
Lebih lanjut Wempi mengatakan, pengembangan cokelat yang memiliki mutu yang sangat baik dan sudah terkenal di belahan dunia, khususnya di Eropa itu akan terus dikembangkan. Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan terus memacu semua petani dan tentunya pimpinan dari Koperasi Ebier Suth dalam meningkatkan kinerjanya dalam mengambangkan ekspansi dalam penanaman cokelat yang ada d Kabupaten Manokwari Selatan.”Kedepan program yang telah diturunkan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat tentu diharapkan dalam tahun ini selesai pembangunannya dan akan digunakan dalam tahun juga,” ujarnya.
Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pimpinan Bank Indonesia yang telah memberikan bantuan berupa mesin produksi cokelat yang sudah diterima dan sudah dioperasikan, bahkan sudah mulai menghasilkan, yang mana pada kegiatan lokakarya juga ditampilkan hasil yang telah dikerjakan oleh Koperasi lewat bantuan mesin yang diberikan.
“Nantinya jika Gedung Inovasi sudah selesai, tentunya masih ada kekurangan terutama terkait sarana prasarana untuk alat-alat pengering cokelat dan peralatan yang ada di gedung tersebut. Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada Bapak Gubernur dan seluruh jajarannya bisa memberikan bantuan untuk melengkapi gedung yang sudah ada nantinya,” pungkasnya. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.