Perjuangan MRPB untuk Hak Politik OAP Sampai ke Presiden Jokowi

0
Ketua MRPB, Judson Waprak menekankan Pentingnya Pencermatan Hak Politik OAP di Pilkada 2024.

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Ketua Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB), Judson Ferdinandus Waprak, menekankan pentingnya pencermatan mendalam terkait hak politik Orang Asli Papua (OAP) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Waprak menyatakan bahwa aspirasi dan perjuangan MRP, sebagai lembaga kultur sekaligus lembaga negara, telah mencapai titik puncaknya dalam ranah konstitusi dan kebijakan negara, bahkan sampai ke tingkat kepala negara.

“Hak-hak politik OAP, sebagaimana tertuang dalam beberapa (PKPU) yang telah dipublikasikan dan dipahami oleh seluruh warga Negara Republik Indonesia, khususnya rakyat Papua asli secara umum, perlu mendapatkan perhatian khusus dalam Pilkada ini,” ujar Waprak.

Menurutnya, perjuangan MRP untuk mewujudkan hak politik OAP telah dilakukan secara berkelanjutan dan terstruktur, dimulai dari tingkat lokal hingga nasional.

“Kami telah berusaha keras agar keinginan rakyat Papua, khususnya terkait hak politik OAP, terwujud dalam berbagai ranah, termasuk dalam konstitusi dan lembaga negara yang tinggi,” ungkap Waprak.

Waprak menegaskan, upaya MRP tidak hanya terbatas pada aspirasi lisan, tetapi telah diwujudkan dalam bentuk permohonan dan dialog dengan berbagai pihak, termasuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Domain perjuangan kami ini telah sampai ke titik yang seharusnya menjadi ketentuan negara sendiri. Lebih dari itu, hak politik OAP telah diakui dan dirumuskan dalam kebijakan negara,” jelasnya.

Waprak mengajak seluruh rakyat Papua untuk menghormati dan mendukung pelaksanaan hak politik OAP dalam Pilkada mendatang.

“Mari kita hormati dan dukung sepenuhnya pelaksanaan hak politik OAP dalam Pilkada ini. Ini adalah hak yang telah diakui dan dirumuskan dalam kebijakan negara,” imbauannya.

Ia juga menghimbau agar seluruh pihak, termasuk para calon kepala daerah, berkomitmen untuk menjunjung tinggi hak politik OAP dan memberikan ruang serta kesempatan bagi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi.

“Keputusan dan kebijakan yang diambil dalam Pilkada harus mencerminkan aspirasi dan keinginan rakyat Papua, khususnya OAP,” tegas Waprak.

Waprak berharap, melalui Pilkada kali ini, hak politik OAP dapat direalisasikan secara nyata dan berdampak positif bagi pembangunan dan kemajuan Papua.





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.