Pemprov Papua Barat Gelar Upacara Peringati Harkitnas ke-115

0
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar upacara bendera dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-115 tahun di lapangan upacara kantor Gubernur Provinsi Papua Barat, Senin (22/5/2023).
Penjabat Sekda Papua Barat, Dance Sangkek sebagai inspektur upacara yang di ikuti pimpinan OPD dan ASN dilingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat.
Sekda saat membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI, mengatakan bahwa 115 tahun yang lalu bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala.
Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908, sejak saat itu gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap kapita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu berdaulat adil dan makmur.
Di samping itu Budi Utomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional yakni Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, Memajukan Nusa dan bangsa dan Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.
“Barisan persatuan yang dibentuk oleh Budi Utomo adalah satu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit baik pada masa pra kemerdekaan maupun pada pasca kemerdekaan, ” bebernya.
Di masa ini di saat kemerdekaan telah diraih, barisan perjuangan tetap harus dirapatkan erat dan terus maju bergerak mengobarkan semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas tahun 2024.
“Hari kebangkitan nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama untuk bahu-membahu berkolaborasi,” ujarnya.
Sekda mengajak komponen bangsa untuk terus membarakan api semangat kebangkitan nasional kembali, merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, dan juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.
“Kita juga ingin agar api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi bangsa, ” pungkasnya. (aa)




Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.