Pemkab Manokwari Teken MoU Bersama 3 Bumdes Terkait Beras Jatah PNS

0
MANOKWARI,KLIKPAPUA,COM-  Pemerintah Kabupaten Manokwari melakukan MoU bersama tiga Bumdes (Pandu Upokarti, Sinar Papua dan Mulya Bersama). Sekaligus dilakukan pelepasan  pengiriman perdana beras petani untuk kebutuhan ASN di Kabupaten Manokwari yang dilakukan oleh Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo, Kamis (27/2020) di Kampung Udapi Hilir, Distrik Prafi.
Turut hadir anggota DPD-RI Yance Samonsabra, Kepala Balai Latihan Masyarakat Papua dan Papua Barat, Dominggus Rumadas, unsur Forkopinda serta instansi terkait.
Wabup mengatakan penandatanganan MOU antara Pemerintah Kabupaten Manokwari dengan Bumdes yakni terkait pengumpulan dan distribusi beras petani untuk jatah PNS Kabupaten Manokwari. “Ini merupakan komitmen kami sebagai kepala daerah dan ditindaklanjuti oleh Asisten 1 dengan melakukan rapat bersama OPD terkait, dan lembaga yang paling memungkinkan dan mampu bekerjasama dengan pemerintah adalah badan usaha milik desa bumdes, hingga terealisasi penandatanganan MOU-nya,” ujar Edi Budoyo.
Dengan adanya MoU tersebut, ia memastikan setiap bulan di kawasan Warpramasi akan menerima Rp 1 miliar lebih dari pembayaran jatah beras pegawai kepada petani melalui bumdes. “Tugas pembinaan dan keberpihakan dan tanggungjawab sebagai pemerintah daerah, akan mendorong petani lebih giat lagi menanam padi dengan meningkatkan produksi dan kualitas panen yang dihasilkan,” harapnya.
Namun menurutnya, hal itu bukan pekerjaan yang mudah, butuh kerjasama tim yang kompak untuk memastikan setiap bulan tersedia stok 100 ton beras petani dan mendistribusikannya ke OPD. “Saya juga meminta kepada Kepala Dinas Pertanian untuk mendukung kedua kegiatan ini buat program yang bisa mendukung bumdes yang berusaha di sektor pertanian, utamanya yang bertujuan membantu petani,” tegasnya.
Wabup juga mengatakan Pemerintah Provinsi Papua Barat sedang melakukan pelelangan paket kegiatan distribusi beras ke pedalaman se Papua Barat. “Bagi siapa yang memenangkan tender, untuk distribusi beras wilayah Manokwari dapat berkoordinasi dengan bumdes melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Manokwari,” harapnya. (aa/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.