Pemda di Papua Barat akan Terima Penghargaan di UHC Awards 2024

0

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com – Dalam upaya optimalisasi perluasan kepesertaan menuju Universal Health Coverage (UHC) sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2024, pemerintah akan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota yang telah berhasil mencapai cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) lebih dari 95% dari jumlah penduduk.

Penghargaan ini akan diberikan dalam acara UHC Awards 2024, yang direncanakan berlangsung pada tanggal 08 Agustus 2024 di Jakarta dan akan dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia.

Wakil Presiden akan secara simbolis memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah kepada daerah-daerah yang telah menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung program JKN.

Dengan mencapai cakupan kepesertaan lebih dari 95%, daerah-daerah ini telah memastikan bahwa hampir seluruh warganya memiliki akses ke layanan kesehatan yang terjamin, sesuai dengan visi besar UHC yang diusung dalam RPJMN.

Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi daerah-daerah lain untuk terus meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan.

Melalui penghargaan ini, pemerintah ingin menekankan pentingnya kolaborasi antara pusat dan daerah dalam mewujudkan sistem kesehatan yang inklusif dan merata di seluruh Indonesia.

Dalam acara UHC Awards tersebut, pemerintah daerah di Provinsi Papua Barat akan menerima penghargaan atas pencapaian Universal Health Coverage (UHC) yang luar biasa pada tahun 2024. Acara ini juga akan dihadiri oleh Gubernur Papua Barat serta seluruh kepala daerah di wilayah Provinsi Papua Barat.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manokwari, dr. Dwi Sulistyono Yudo, menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan pemerintah daerah di Papua Barat dalam mencapai cakupan kesehatan yang luas bagi masyarakat.

“Seluruh daerah di wilayah Provinsi Papua Barat kini telah mencapai tingkat UHC, dengan lebih dari 95% warganya memiliki akses ke layanan kesehatan yang terjamin. Pencapaian ini menunjukkan komitmen kuat dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah bersama BPJS Kesehatan,” ucap Dwi.

Lebih lanjut, Dwi menambahkan, keberhasilan ini tidak hanya menunjukkan dedikasi dalam meningkatkan akses layanan kesehatan, tetapi juga keberhasilan dalam edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya jaminan kesehatan.

“Ini adalah bukti nyata bahwa kerja sama antara pemerintah daerah bersama BPJS Kesehatan dapat menghasilkan dampak positif yang signifikan,” tutur Dwi.

Dwi berharap dengan penghargaan ini, dapat memotivasi semua pihak untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan memastikan tidak ada satu pun warga yang tertinggal dari program jaminan kesehatan ini.

Selain itu, Dwi juga berharap daerah lain dapat terinspirasi untuk mempercepat upaya pencapaian UHC, sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan manfaat dari sistem kesehatan yang inklusif dan merata.

“Kami yakin bahwa dengan usaha yang gigih dan kolaborasi yang solid, setiap daerah di Indonesia dapat mencapai standar yang sama, memastikan bahwa seluruh rakyat Indonesia memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas. Kami akan terus berupaya mendukung dan mendorong semua daerah khususnya di wilayah Papua Barat untuk mencapai target UHC serta mempertahankan daerah yang telah mencapai UHC, guna mewujudkan visi Indonesia Sehat,” tutup dr. Dwi.(rls)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.