Partai Golkar Papua Barat Jaring Caleg dari Fungsionaris di Pemilu 2024

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Wakil ketua bidang Organisasi DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat, Alif Permana memastikan penjaringan calon anggota legislatif Partai Golkar untuk bertarung di pemilihan legislatif pada Pemilu 2024 akan dilakukan terhadap para fungsionaris Partai Golkar sendiri.

Mekanisme penjaringan caleg pada Pemilu 2024 terhadap para fungsionaris itu membuat Golkar sejak awal sudah meminta organisasi pendiri dan organisasi sayap untuk menggodok nama-nama kadernya untuk diajukan menjadi fungsionaris Partai Golkar.

“Partai Golkar tentu tidak secara terbuka melakukan penjaringan, tetapi bagi DPD kabupaten/kota kemudian ormas Golkar yang mendirikan, didirikan jika ingin agar kadernya diusulkan menjadi fungsionaris tingkat provinsi Papua Barat, yang akan nanti jadi calon anggota legislatif DPR Provinsi Papua Barat dari partai Golkar, boleh diusulkan,” kata Alif

Meski demikian, kata Alif, daerah pemilihan untuk Provinsi sedang dalam tahap pembahasan, sesuai jadwal dalam peraturan KPU tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu, baru akan ditetapkan dengan keputusan KPU pada 9 Februari 2023 pekan depan.

Pada prinsipnya, penyusunan Caleg berbasis daerah pemilihan, maka pihaknya masih menunggu penetapan secara resmi KPU tentang daerah pemilihan untuk Provinsi.

“Apakah keputusan KPU itu mengakomodir yang sudah ditetapkan dalam Perpu Pemilu atau ada rancangan daerah pemilihan yang baru,” ujarnya.

“Kita memprioritaskan caleg perempuan, saya pikir di semua partai kendalanya sama, sistem penyusunan Caleg, kitakan mengutamakan perempuan 30 persen. Kalau ada kekurangan Caleg perempuan dari pada alokasi kursi yang ditetapkan, tentu Caleg laki-laki yang lain akan terdampak,” imbuhnya. (dra)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.