Papua Barat Canangkan Vaksinasi Covid-19 Tahap 2, Gubernur Bersama Forkopimda Disuntik Vaksin

0
92
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Pencanangan vaksinasi Covid-19 tahap II tingkat Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari serta pelaksanaan vaksinasi massal kabupaten /kota se-Papua Barat dilakukan di aula Arfak Polda Papua Barat, Rabu (3/3/2021). Pencanangan Covid-19 tahap ke-2 ini dilakukan langsung oleh Gubernur Provinsi, Kapolda Papua Barat, Kasdam XVIII/ Kasuari, Bupati Manokwari, Wakil Ketua DPRPB dan perwakilan Kejati Papua Barat.
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dalam pencanangan vaksinasi tahap II mengatakan, tanggal 2 Maret 2021, Indonesia memasuki tahun pertama pandemi Covid-19 dan sampai saat ini laju penambahan kasus positif maupun kematian masih belum sepenuhnya bisa dikendalikan.
“Memang kita sadari bahwa upaya pengendalian pandemi melalui peran masyarakat dalam disiplin 3M dan upaya 3T oleh pemerintah, sebagai kunci keberhasilan memutus mata rantai penularan masih sering mengalami tantangan,” ujar Gubernur saat pencanangan vaksinasi tahap II termin-1 di aula Arfak Polda Papua Barat, Rabu (3/3/2021).
Menyikapi realita ini maka sangat diperlukan upaya perlindungan yang lebih spesifik dalam menghadapi langsung virus Covid-19, yaitu melalui vaksinasi untuk membentuk kekebalan tubuh, tahap pertama yang dilakukan untuk tenaga kesehatan pada 13 Januari 2021 secara resmi program vaksninasi dilaksanakan di 13 kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Papua Barat.
Pada pelaksanaan tahap pertama 14 Januari -28 Februari dengan sasaran tenaga kesehatan  telah mencapai 82% tenaga kesehatan dan petugas di Papua Barat berhasil divaksinasi dosis pertama dan 57% dosis. “Saya berharap tenaga kesehatan sebagai hardan terdepan yang paling beresiko tertular maupun menularkan segera melengkapi dosis vaksinasinya sebagai upaya melindungi diri sendiri dan orang lain,” harap Dominggus.
Contoh baik telah diperlihatkan pada tahap kedua, hari ini, di mana telah terjadi kolaborasi antara instansi kesehatan dan Polda Papua Barat. Pihak kesehatan menyediakan tenaga pelaksana dan pihak kepolisian memfasilitasi tempat maupun sarana pendukung yang dibutuhkan untuk vaksinasi sekitar 300 sasaran.
Sementara Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Papua Barat, Derek Ampnier dalam laporannya menyampaikan, di bulan Maret ini kita mulai masuk ke tahap 2 dengan target sasaran kepada lansia dan pelayanan publik yang bekerja di sektor formal maupun informal, total sasaran di Provinsi Papua Barat sebanyak 146. 993 orang yang menjadi target vaksinasi sampai akhir Mei 2021.
Dan untuk dapat mencapai target tersebut diperlukan dukungan dan kerjasama dari semua pihak yang ada di Provinsi Papua Barat. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini menurutnya, adalah tersebarnya informasi vaksinasi Covid-19 tahap II ke masyarakat luas, terlaksananya vaksinasi Covid-19 tahap II di seluruh wilayah Papua Barat, terciptanya dukungan kerjasama dan sinergitas antara pemerintah daerah, TNI, Polri, sektor swasta, BUMN, organisasi profesi dan masyarakat.
“Sasaran vaksinasi Covid-19 pada tahap 2 ini akan dibagi menjadi beberapa temin sesuai dengan alokasi vaksin dari pusat yang akan dikirim secara bertahap. Adapun sasaran tahap II termin-1 saat ini baru sebesar 10.125 sasaran yang terdiri dari 5.670 lansia di Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong dan 4.455 pelayanan publik yang tersebar di 13 kabupaten/kota,” jelas Derek.
Menurutnya, agar didapatkan manfaat optimal dalam pengurangan kasus kesakitan dan kematian, maka setiap kabupaten/kota akan kembali membuat strategi prioritas sesuai dengan kerentanan dan faktor resiko sasaran bagi yang belum terlayani pada termin 1 ini akan tetap diberikan haknya sesuai dengan alokasi vaksin dari pusat.
Kegiatan pencanangan vaksin Covid-19 tahap 2 tingkat Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari dilaksanakan pada, Rabu (3/3/2021) di aula arfak Papua Barat yang diikuti lebih kurang 50 orang yang terdiri dari perwakilan pejabat publik dan pelayanan publik, keamanan, pedagang, wartawan dan sasaran lain yang masuk prioritas tahap 2.
Tenaga pelaksana berasal dari Dinkes Provinsi Papua Barat, Dinkes Kabupaten Manokwari, Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Papua Barat, Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua Barat, Rumah Sakit J.A Dimara, KKP Manokwari, Puskesmas Maripi, dan Puskesmas Sowi.
Selanjutnya kegiatan akan diikuti dengan pelaksanaan vaksinasi massal secara serentak di kabupaten/kota, untuk Manokwari lokasi aula Arfak Polda Papua Barat target 300 orang, Teluk wondama lokasi Rumah Sakit Umum Daerah Wondama target 180 orang, Fakfak lokasi aula Polres Fakfak harga 100 orang,  Kota Sorong lokasi aula kantor Walikota Sorong dan semua pos vaksinasi target 500 orang.
Kabupaten Sorong lokasi Polres Sorong target 50 orang, Kaimama lokasi aula Polres Kaimana target 150 orang, Teluk Bintuni lokasi Polres Teluk Bintuni target 200 orang,  Raja Ampat lokasi Polres Raja Ampat target 50 orang, dan Manokwari Selatan lokasi Puskesmas Ransiki target 60 orang. “Untuk Kabupaten Sorong Selatan vaksinasi massal akan dilaksanakan esok hari dengan target 200 orang, sementara untuk Kabupaten Maybrat, Tambrau dan Pegunungan Arfak akan dikomunikasi lebih lanjut,” tutupnya. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.