Ombudsman Papua Barat Hadirkan ‘Media Center’ Sebagai Sarana Berinteraksi Bersama Wartawan

0
157
Ketua PWI Papua Barat, Bustam (kiri) bersama Kepala Ombudsman perwakilan Papua Barat, Musa Yosep Sombuk saat jumpa pers di Media Center Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat, Senin (13/7/2020). (Foto: klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM—Sebagai lembaga yang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, Ombudsman harus menyampaikan hasilnya kepada publik. Salah satu sarananya adalah lewat media.“Media adalah mitra kami dalam bekerja, dalam konteks tugas/pokok. Muaranya pada kapabilitas,transparansi dan juga pendidikan bagi publik,” kata Musa Yosep Sombuk, Kepala Ombudsman Perwakilan Papua Barat saat me-launching Media Center di kantor tersebut, Senin (13/7/2020).
Hal ini yang mendasari Ombudsman perwakilan Papua Barat menghadirkan Media Center, yang dapat digunakan sebagai tempat berinteraksi bersama wartawan.“Media adalah sarana yang paling penting, dan sudah merupakan pilar ke empat demokrasi. Kita tidak bisa menafikkan itu, bahwa media adalah hal yang penting,” tutur Musa.

Selain itu, dihadirkannya Media Center, berkaitan dengan UU layanan publik dan UU terbukaan informasi. “Jadi apa yang selalu kami kerjakan,kami transparan. Masyarakat memiliki hak untuk mengetahuinya,” ungkap Musa.
Ketua PWI Papua Barat, Bustam, menyambut baik langkah Ombudsman perwakilan Papua Barat menghadirkan Media Center, yang dapat digunakan sebagai sarana berinteraksi bersama media. “Ini hal baik, dan sudah sepantasnya sebagai lembaga yang mengawasi maupun memberikan layanan publik, memiliki media center. Lembaga-lembaga publik yang lain pun harus memiliki hal yang sama. Ini sebagai bagian dari transparasi dan keterbukaan informasi kepada publik,” jelas Bustam.
Sebagai mitra kerja, Bustam mengakui interaksi Ombudsman wilayah Papua Barat bersama media sudah berjalan baik. Dengan hadirnya Media Center tersebut, akan semakin memudahkan media untuk mengakses informasi terkait aduan-aduan layanan publik. “Langkah cepat perlu dilakukan, masyarakat melaporkan, keinginan mereka segera akan mendapatkan respon. Sehingga dibutuhkan kerja sama, untuk menjawab aduan-aduan itu,” ujar putra kelahiran Ransiki ini. (bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.