MRPB Akan Perjuangkan Penambahan SIP Khusus hingga ke Kapolri

0
143
Ketua MRPB Maxsi Nelson Ahoren. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) akan memperjuangan penambahan kuota SIP (Sekolah Inspektur Polisi) bagi anak-anak Asli Papua.
MRPB akan melakukan audens bersama Gubernur Papua Barat dan Kapolri untuk meminta penambahan 130 SIP Khusus untuk mereka yang orang tuanya Papua, Mama Papua dan mereka yang lahir dan besar di Papua. Hal ini disampaikan Ketua MRPB Maxsi Nelson Ahoren saat ditemui wartawan usai pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Papua Barat di auditorium PKK, Kamis (27/1/2022).
Kata Maxsi, baru-baru ini pihaknya menyampaikan akan meminta penambahan sebanyak 100 SIP, namun menginggat ada 13 Kabupaten/Kota, sehingga pihaknya akan meminta penambahan SIP Khusus untuk tiga kategori tersebut.
“Kami akan menyurati Gubernur untuk meminta penambahan kuota SIP sebanyak 130  yang mana nantinya dibiayai menggunakan dana Otsus dan kami juga minggu depan akan bergeser bertemu Kapolri, surat untuk meminta audens sudah kami layangkan,” kata Maxsi.
Lebih Lanjut Maxsi mengatakan, MRPB berharap sisa anggaran di tahun 2021 yang diperuntukkan untuk afirmasi Bintara Otsus tahun lalu bisa dipergunakan untuk SIP yang akan diusulkan ini.
“Pertemuan waktu itu, sisa anggaran mau dipergunakan untuk kebutuhan Polda, kebutuhan seperti apa? harus kita lihat dulu, kalau kebutuhan Polda untuk menyiapkan SDM melalui dana Otsus okelah,  tapi kalau dalam bentuk lain kami tidak paham dan tidak setuju,” tandasnya.
Yang jelas menurutnya, pada waktu pertemuan 2021 lalu, MRPB sudah menyampaikan penggunaan dana itu peruntukkan untuk menyiapkan SDM, apabila ada terjadi kelebihan atau sisa anggaran, maka jika ada penerimaan Bintara Otsus,  penerimaan SIP sebaiknya gunakan anggaran itu.
“Karena pertanggung jawabannya nanti berada di kabupaten/kota masing-masing, apalagi hari ini adanya penerimaan SIP, saya berharap anggaran sisa itu bisa digunakan, kami berharap anggaran sisa Bintara Otsus bisa digunakan untuk SIP yang saat ini sedang melakukan pendaftaran,” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.