Mercyana Djalimun Ditunjuk Sebagai Plh Sekda Manokwari

0
97
Serah terima jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari dari Aljabar Makatita kepada Mercyana Djalimun, di halaman kantor Bupati Manokwari, Kamis (17/9/2020). (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM–Plh Bupati Manokwari, Edi Budoyo memimpin serah terima jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari dari Aljabar Makatita kepada Mercyana Djalimun, di halaman kantor Bupati Manokwari, Kamis (17/9/2020).
Plh. Bupati Manokwari, Edi Budoyo mengatakan, Aljabar Makatita purma tugas dengan pangkat 4E pembina utama dengan pangkat tertinggi dari pegawai negeri. “Kalau di TNI itu pangkat bintang 4 atau jabatan Kapolri. Sertijab yang dilaksanakan hari ini merupakan penghormatan dan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan, untuk tetap menjaga kesinambungan dan kelancaran pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya dalam sambutannya, di halaman apel Kantor Bupati Manokwari.
Ditetapkan Mercyana Djalimun sebagai Plh Sekda Manokwari, diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dedikasi yang tinggi. “Karena jabatan Sekda merupakan jabatan strategis yang mengemban fungsi menggerakkan, mengarahkan dan mendeminisasi sumberdaya pemerintah dalam rangka mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah,” jelasnya.
Siapapun yang menduduki jabatan ini, menurutnya, dituntut memiliki prasyarat normatif  yang harus dipenuhi yaitu loyalitas, kecakapan administrasi, kemampuan membina dan mengembangkan kapasitas personel dan unit-unit kerja serta kemampuan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan lingkungan internal serta eksternal, organisasi pemerintahan, baik hah vertikal maupun secara horizontal. “Karena posisi Sekda menjadi vital tantangan dan peluang membangun daerah ini, secara cerdas dan responsif. Agar seluruh staf dan pejabat eselon II dapat memberikan dukungan yang tulus kepada plh Sekda Manokwari Mercyana Djalimun,” ucapnya.
Plh Bupati juga berpesan kepada Plh Sekda, agar pertahankan semua yang sudah baik dan perbaiki serta menyempurnakan tugas yang belum diselesaikan oleh sekda sebelumnya. “Kami ucapkan terimakasih kepada Aljabar Makatita atas semua kerja keras, dedikasi dan loyalitas selama menjabat sebagai Sekda Manokwari. Dua agenda tugas yang sangat berat harus bisa melaksanakan sidang anggaran perubahan tahun 2020 dan sidang anggaran pendapatan daerah tahun 2021,” terang Plh Bupati Manokwari.
Sementara Aljabar Makatita mengatakan, dirinya  bertugas selama 2 tahun 3 hari sebagai Sekda Manokwari, semoga ia meninggalkan hal yang baik kepada seluruh ASN yang mengabdi di Manokwari.
Kepada sekda yang baru, ia berharap dapat menegur dengan tegas kepada ASN yang melakukan kesalahan, agar tidak hanyut dengan kesalahan, dan tertib menjalani tugas sesuai tupoksi serta mengingatkan tertib administrasi  terutama bagian pengelolaan keuangan daerah dan laporannya. “Agar Manokwari bisa mendapat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) seperti pada tahun 2019,” jelasnya.
Ditambahkan Mercyana Djalimun, dirinya meminta dukungan kepada seluruh staf dan kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Manokwari, agar dapat bekerja sama, sehingga tugas dan tanggung jawab bisa terlaksana dengan lancar. “Saya yakin dan percaya apa yang telah diberikan kepercayakan, tugas dan tanggungjawab terutama kepercayaan menjadi Plh Sekda Manokwari, muda-mudahan bisa menjalankan amanah dengan baik,” pungkasnya. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.