Lepas 81 Calon Jamaah Haji Manokwari, Bupati Hermus Pesan Jaga Kesehatan dan Patuhi Prokes

0
66

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Bupati Manokwari Hermus Indou melepas sebanyak 81 calon jamaah haji menuju embarkasi Makassar, yang tergabung dalam kloter 17, Sabtu (25/6/2022) di ruang Sasana Karya kantor Bupati Manokwari.

Kepala kantor Kemenag Manokwari Raknumfor Trius Benson Ap dalam laporannya menyebut, jumlah jamaah haji Manokwari tahun ini sebanyak 81 orang setelah terdapat pembatasan kuota dan usia dari pemerintah Arab Saudi.

“Kuota keberangkatan haji 1443 hijriah/2022 masehi kabupaten Manokwari sebanyak 81 orang setelah adanya kebijakan pengurangan kuota haji dan pembatasan usia 65 kebawah oleh pemerintah Arab Saudi pada masa pandemi dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, kenyamanan, keselamatan jamaah haji Indonesia,” ujarnya.

Demikan ada beberapa jamaah haji di Manokwari yang berusia diatas 65 tahun yang masuk alokasi keberangkatan tahun ini, tidak bisa diberangkatkan tahun ini juga karena kebijakan pemerintah Arab Saudi.

“Mudah-mudahan tahun depan pandemi segera normal, dan tidak ada pembatasan kuota maupun usia jamaah haji,” ungkapnya.

Raknumfor mengurai, rencana perjalanan jamaah haji tahun 2022, calon jamaah haji kabupaten Manokwari yang tergabung kloter 17 di embarkasi Makassar, dan akan diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi pada 1 Juli mendatang.

Sementara susuai jadwal pemulangan jamaah haji Indonesia, akan di pulangkan dari Madinah ke Makassar pada 11 Agustus 2022, dan akan bertolak ke Manokwari pada 12 Agustus 2022.

Bupati Manokwari Hermus Indou dalam arahannya mengatakan, calon jamaah haji tahun ini yang berkesempatan menunaikan ibadah haji untuk selalu menjaga kesehatan agar dapat menunaikan ibadah dengan sebaik-baiknya.

Bupati Hermus juga mengimbau, kepada jamaah haji untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup yang sehat sehingga rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik.

Dikatakan, kedepan pemerintah Manokwari akan memperjuangkan kuota haji menjadi lebih banyak lagi, mengingat jumlah antrean calon haji cukup tinggi.

“Pemerintah Kabupaten Manokwari bersama Kementerian Agama kabupaten Manokwari akan berjuang bersama untuk dapat menambah kuota haji maupun umroh,” katanya. (dra)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.