Latihan SAR Daerah Bersama Dibuka Pjs Bupati Manokwari

0
92
Penyematan tanda peserta latihan SAR oleh Pjs Bupati Manokwari, Robert Rumberkwan. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–  Pjs Bupati Manokwari, Robert Rumberkwan, resmi membuka latihan  SAR  daerah bersama potensi SAR, Rabu (21/10/2020).
Tema yang diangkat ‘melalui latihan SAR daerah tahun 2020 kita tingkatkan  pelayanan  SAR dan  kemampuan teknis operasi pencarian dan pertolongan bersama potensi SAR pada kecelakaan kapal  di perairan Manokwari.’
Robert Rumberkwan atas nama Pemerintah Kabupaten Manokwari memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Khususnya kantor SAR Manokwari yang telah melaksanakan kegiatan latihan SAR daerah bersama potensi pencarian dan pertolongan SAR Manokwari.
Robert mengatakan peningkatan kemampuan personil SAR harus ditingkatkan, salah satunya melalui latihan SAR daerah yang melibatkan kantor SAR, intansi-instansi potensi SAR yang ada di Kabupaten Manokwari.
Dengan melibatkan potensi SAR maka operasi SAR dapat dilaksanakan  secara terkoordinasi dan terencana. Sehingga terbangun kesamaan langkah dalam operasi yang terpadu yang konferensip. “Untuk  instansi-instansi teknik terkait untuk memantau standar keselamatan transportasi  laut dan pelayar, agar benar-benar melihat kelayakan mereka dan selalu memperhatikan data BMKG,” ujar Pjs Bupati Manokwari saat membuka acara pelatihan di Mansinam Beach, Rabu (21/10/2020).
Data yang diterima dari Basarnas Manokwari data operasi SAR terkait untuk kecelakaan kapal hingga September 2020 ada 11 kasus, yang didominasi perahu dan kapal nelayan. “Untuk itu perlu kita bersama-sama berpartisipasi dan mensosialisasikan pada nelayan di daerah Manokwari. Semoga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar,” harapnya.
Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan, Andarias Alik selaku menyampaikan,  tujuan latihan ini adalah menyatukan pola pikir dan pola tindakan  dalam penyelenggaraan  operasi SAR  kecelakaan kapal, meningkatkan koordinasi, pengerahan  potensi dan pengendalian operasi dalam mendukung keberhasilan  penyelenggaraan  operasi SAR.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.