KPU Manokwari Tetapkan Jadwal Kampanye untuk Dua Paslon Pilkada 2024

0
KPU Manokwari Tetapkan Jadwal Kampanye untuk Dua Paslon Pilkada 2024. (Foto: Gemelin/klikpapua)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com – KPU Manokwari menetapkan jadwal kampanye kepada paslon nomor urut 1 Bernard Boneftar-Eddy Waluyo (BERBUDI) dan Paslon Nomor urut 2 Hermus Indou-Mugiyono (HERO) pada Pilkada serentak 2024.

Jadwal Kampanye itu diserahkan kepada tim paslon BERBUDI dan paslon HERO, Bawaslu Manokwari, Polresta Manokwari, Kodim 1801 Manokwari, Kesbangpol dan Dinas Kominfo setempat pada, Jumat (27/9/2024).

Rony Frans Wanggai, Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilu Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Manokwari, menyampaikan jadwal kampanye yang diserahkan ini sebelumnya sudah ditetapkan oleh KPU Manokwari bersama dengan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari.

“Setelah menyerahkan surat keputusan jadwal kampanye kedua pasangan calon akan melaksanakan beberapa kampanye yakni pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, debat publik atau debat terbuka dan Rapat Umum,” katanya.

Ia menyampaikan pihaknya juga memberikan kebebasan kepada masing-masing pasangan calon untuk memilih waktu dalam melaksanakan rapat umum. 

“Diberikan waktu satu hari untuk dapat melakukan kampanye rapat umum dimana kedua pasangan calon sudah menentukan waktu untuk melaksanakan kampanye rapat umum,” tuturnya.

Pada rapat umum, Paslon Berbudi menetapkan rapat umum pada tanggal 20 November 2024. Sementara untuk paslon HERO, menetapkan hari terakhir untuk melaksanakan kampanye rapat umum tepatnya di tanggal 23 November 2024, dengan lokasi yang sama di Stadion Sanggeng

Samsuddin Renuat, Ketua Bawaslu Manokwari menyampaikan jadwal yang sudah dikeluarkan oleh KPU menjadi acuan bagi Bawaslu dalam melaksanakan pengawasan

“Jadwal yang ada kita mengikuti saja, tapi yang menjadi catatan yang harus diperhatikan soal waktu dan jadwal yang ada,” ujarnya. 

Samsudin, mengingatkan untuk kepada pihak pasangan calon untuk memberitahukan kepada pihak keamanan yaitu kepolisian dalam pelaksanaan kampanye yang mengundang masyarakat ramai.

“Kami akan tetap melakukan pengawasan hanya saja terkait dengan izin keramaian, itu juga harus tetap memberitahukan kepada pihak kepolisian,” katanya.

Selain itu, terkait dengan pertemuan terbatas dan terbuka, soal waktu yang tidak menentukan yang kemudian melaksanakan kampanye sampai dengan tengah malam. 

“Kita akan melakukan pengawasan, sehingga patuhilah aturan yang ada sehingga kita sama-sama enak dalam mengawasi,” tutupnya. (mel)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.