KPK ke Papua Barat Dalam Rangka Ini

0
393
Ketua KPK RI, Lili Pintauli Siregar. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI, KLIKPAPUA.COM-Wakil Ketua KPK RI, Lili Pintauli Siregar, mengatakan kunjungan mereka ke Kejaksaan Tinggi Papua Barat dan seluruh pemerintah daerah di Provinsi Papua Barat dalam rangka melakukan koordinasi, monitoring, supervise dan evaluasi dalam pencegahan korupsi di sektor Sumber Daya Alam (SDA).
Dikatakan Lili, koordinasi dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat, Kejaksaan Tinggi dan Polda Papua Barat, Upgakum dan Balai, sehubungan dengan beberapa terkait penindakan dan pencegahan. “Misalnya terkait soal sistem, SPDP (Surat Perintah Dimulainya Penyidikan) sektor SDA, dan beberapa hal, termasuk asset daerah dan SDM,” ujar Lili saat ditemui usai melakukan pertemuan bersama Kejati Papua Barat, Rabu (12/8/2020).
“Mungkin masalah SDM nanti bisa dikerjasamakan dengan KPK terkait teman-teman CPNS yang ada di Papua Barat yang masih belum maksimal menjangkau tugas-tugasnya, kemudian kami koordinasikan dengan Kejati dan Kapolda untuk bisa saling sinergi terkait SDA tentunya,” tambahnya.
Menyoal berhasil atau tidak, lanjut Lili, bukan cepat atau lambat, tetapi ini soal teknis yang luar biasa, apalagi dengan melakukan beberapa kegiatan melalui  zoom, sementara  di Papua dan Papua Barat soal geografis menjadi kendala lain.
Lili juga mengatakan, supervise KPK dalam bekerja tidak memakai target capaian per tahun, tetapi lebih pada upaya mendorong agar kegiatan HPH di Papua Barat menjadi maksimal dan professional sesuai mekanisme,  sebagaimana KPK sebagai pemicu penegakan hukum trigger mechanism.
“Supervisi sektor SDA baru enam bulan dari pengembaangan sepervisi sektor SDA dari Provinsi Papua, dan supervise tidak harus memulu diambil alih tugasnya, cuma memang KPK akan membantu kebutuhan menghadirkan saksi ahli, penyediaan alat dalam kasus-kasus yang berkaitan dengan SDA, sekaligus membantu para penyidik tentang apa saja kekurangan mereka. Karena ini kendala teknis yang dihadapi di daerah,” tuturnya.
Sementara, Kabid Humas Polda Papua Bart AKBP Adam Erwindi, mengatakan, kunjungan Wakil Ketua KPK RI, Lili Pintauli Siregar di Polda Papua Barat, membahas tentang pelaporan LHKPN, sekaligus melakukan sosialisasi SPDP online antara KPK dan Polri.“KPK juga ucapkan terima kasih atas penegakan hukum korupsi oleh Polda Papua Barat, serta memberikan atensi terkai kerja Polda Papua Barat terhadap  pengawasan  dana Covid-19,” ujar Adam melalui WhatsApp.(aa)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.