Kominfo Bagikan STB TV Digital Gratis di Kabupaten Sorong dan Kota Sorong

0
68
Kepala Kepala Dinas Kominfo Papua Barat, Frans P.Istia. (Foto: Bustam/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Dalam migrasi TV Analog ke TV Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki program bantuan Set Top Box (STB) TV Digital gratis.
Di Provinsi Papua Barat, pendistribusian STB Gratis telah dilakukan di Kabupaten Sorong dan Kota Sorong. Untuk alokasi STB Kota Sorong sebanyak 8.633. Sukses diserahkan 6.788. Gagal diserahkan 1.102. Dan realisasi 7.890. Untuk Kabupaten Sorong alokasi STB 2.977. Sukses diserahkan 2.180.Gagal diserahkan 167. Realisasi 2.347 (78,8%).
“Untuk Kabupaten Sorong masih tersisah 6.30 STB yang belum diserahkan. Kota Sorong 740 yang belum diserahkan,” ungkap Frans P.Istia, Kepala Dinas Kominfo Papua Barat, Senin (30/5/2022) di Aston Niu Hotel Manokwari.
Syarat mendapat STB tv digital gratis yakni: Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Memiliki perangkat tv analog. Memiliki KTP elektronik. Tinggal di wilayah yang terdampak penghentian siaran tv analog (ASO) tahap 1.
Untuk kabupaten lainnya di Papua Barat, kata Frans, juga akan menerima, namun secara bertahap. Usai Kabupaten Sorong dan Kota Sorong, menyusul Kabupaten Pegunungan Arfak dan Manokwari.  “Jumat nanti akan ada zoom metting bersama Kominfo Pusat, untuk tindaklanjut pendistribusian selanjutnya,” ujar Frans.
Ia berharap pendistribusian STB gratis ini dapat berjalan baik dan tidak timbul masalah. Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo Pusat, Marvels Situmorang mengatakan, program tahap pertama akan berlangsung sampai 30 April 2022.
Diketahui, STB yang dibagikan sebanyak 3.202.470 unit untuk seluruh Indonesia. Secara keseluruhan, selama tahapan penghentian siaran analog (ASO) akan dibagikan 6,7 juta unit STB.
“Pembagian STB gratis ini dibagi dalam tiga tahapan. Pembagian STB dibagi dalam tiga tahapan ASO, yang pertama sebelum 30 April, 25 Agustus, dan 2 November 2022,” ujar Marvels yang dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/3/2022). (bm)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.