Ketua KNPI Papua Barat Samy Saiba: Jaga Hubungan Damai di Tanah Papua

0
Ketua DPD KNPI Papua Barat, Samy Djunire Saiba. (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Ketua DPD KNPI Papua Barat Dr. Samy Djunire Saiba, M.Si mengemukakan bahwa proses hukum yang melibatkan orang nomor satu di Provinsi Papua, hendaknya disikapi secara arif dan bijaksana.
KNPI Papua Barat, kata dia, pada posisi menyerahkan sepenuhnya proses tersebut kepada pemerintah pusat, dalam hl ini penegak hukum untuk menjalankan perintah undang – undang secara utuh.
“Kami berharap pemerintah perlu melihat secara jeli, demi menjaga kenyamanan, kedamaian, dan tentunya menjauhkan opini publik yang semakin tak menentu. Keputusan penetapan pejabat nomor satu di Provinsi Papua, tentunya harus disertai dengan dukungan fakta analisis. Kami juga mengimbau kepada semua pihak untuk tidak saling menyerang melalui media karena hanya akan memperkeruh suasana di tanah Papua,” ujarnya, dalam rilis yang diterima klikpapua, Jumat (23/9/2022) malam.
DPD KNPI Papua Barat mengharapkan agar persoalan di Papua tidak diperkeruh dengan melibatkan Penjabat Gubernur Papua Barat Drs. Paulus Waterpauw, M.Si. “Saya kira semua sudah jelas. Pasca beliau tidak lolos masuk sebagai pejabat Wakil gubernur Papua, maka secara sah beliau sudah tidak berfokus lagi ke Papua, tetapi ada posisi strategi dari Negara kepada beliau yang justru beliau di tunjuk oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan. Dari situ lah kemudian beliau ditunjuk oleh presiden sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat,” kata Bung Samy, demikian dia akrab disapa.
Artinya, lanjut dia, persoalan Paulus Waterpauw ke Papua sudah selesai. “Jadi jika ada bahasa yang kemudian mempolitisir bahwa persoalan Papua juga melibatkan Penjabat Gubernur Papua Barat, apabila isu ini di hembuskan, maka DPD KNPI Papua Barat secara langsung menyatakan bahwa hal tersebut adalah sangat keliru,” tegasnya.
Pernyataan dimaksud, ucap dia, perlu diklarifikasi karena sangat menganggu semangat kerja dari Pejabat Gubernur Papua Barat. “Dalam hal ini, DPD KNPI Papua Barat beserta seluruh jajaran memberikan dukungan kepada Penjabat Gubernur, karena kaitannya terhadap percepatan pembangunan di Papua Barat,” imbuhnya,
Bung Samy menambahkan, Paulus Waterpauw justru patut diberikan apresiasi atas kerja cepatnya dalam mengatasi banjir di Kota Sorong. “Ini patut di catat sebagai bagian dari kerja cepat Penjabat Gubernur Papua Barat dalam mengemban visi yang diberikan oleh Negara,” nilainya.
Ia pun mengajak semua pihak  bersama menjaga kebersamaan, dan hilangkan saling curiga yang kemudian dapat menimbulkan masalah bagi kita semua di tanah Papua. (rls)
SPACE
SPACE
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.