Ketua DPR-PB Minta Gubernur Evaluasi Kinerja TAPD

0
38
Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Belum ditetapkannya Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPB-P) tahun anggaran 2021 disebabkan karena kinerja tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) yang lambat menyerahkan dokumen KUA/PPAS kepada legislatif. Keterlambatan dari tim anggaran pemerintah daerah itu membuat pimpinan DPR Papua Barat angkat bicara.
Dalam keterangan persnya kepada wartawan di Manokwari, Senin (11/10/2021) malam, Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor,S.IP meminta Gubernur untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).
“Kami minta Bapak Gubernur harus melakukan evaluasi terhadap kinerja TAPD yang dinilai lambat dalam menyiapkan dokumen KUA/PPAS baik induk maupun perubahan,” tegas Orgenes Wonggor dalam keterangan persnya.
Alasan Wonggor bahwa selama ini tim anggaran pemerintah daerah provinsi papua barat terus melakukan hal yang sama tidak pernah berubah padahal program Gubernur dan Wakil Gubernur untuk mensejahterakan masyarakatnya sudah.
Mantan anggota DPRD Pegunungan Arfak ini mempertanyakan ada apa dalam tubuh TAPD sehingga selalu saja hal yang sama terulang kembali.
Ditegaskannya bahwa dokumen APBD Perubahan Papua Barat tahun anggaran 2021 tidak bisa ditetapkan sepihak melalui peraturan kepala daerah (Perkada) tetapi harus melalui mekanisme dewan.
“Gubernur dan Wakil Gubernur punya jabatan mau berakhir, ada apa di dalam tubuh TAPD.? tim Banggar DPR Papua Barat akan berangkat ke Jakarta untuk berkoordinasi dengan kemendagri untuk ada kebijakan dalam pembahasan APBD Perubahan 2021 melalui mekanisme dewan, supaya pembahasan APBD dibahas secara normal,” jelasnya.
Sebelumnya kata Wonggor, DPR Papua Barat secara kelembagaan telah menyurati TAPD sebanyak dua kali dan bertemu satu kali untuk meminta dokumen KUA/PPAS namun tidak direspon. Dia menegaskan jangan sampai ada tujuan tertentu dari oknum TAPD terhadap Gubernur Papua Barat kedepan, karena itu perlu dievaluasi.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.