Kapolda PB Siap Bantu Pengembangan Produk UMKM Papua Muda Inspiratif

0
Talk show yang diinisiasi oleh Kapolda Papua Barat, menghadirkan anak-anak muda Papua inspiratif. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga SH., MA, siap membantu mengembangkan produk umkm Papua Muda Inspiratif.
Hal ini disampaikan Daniel Silitonga dalam Talk Show “Peran Pemuda Papua Barat dalam mengembangakan Produk Karya Anak Bangsa Asli Papua” yang berlangsung di lantai satu lobi mapolda, Kamis (11/8/2022).
Talk show yang diinisiasi oleh Kapolda ini menghadirkan, anak-anak muda Papua inspiratif ini. Masing-masing, Meiji Akwam selaku owner Eksotik Papua dengan produk andalannya, marisan komin (Bahasa Biak) olahan sambal dan abon kepiting, minyak kelapa asli dan keripik keladi.
Kemudian, Robert Rumsayor owner KUB Do’a Jaya Abadi yaitu produk andalannya, olahan tepung sagu. Dan Simson Bonggoibo dengan produk andalannya deterjen pencuci pakaian dan sabun pencuci piring sekaligus fasilitator UMKM.
Daniel Silitonga menuturkan, hatinya terpanggil saat didatangi anak-anak muda papua yang dinilainya memiliki potensi inspiratif dan berdaya saing. “Mereka mendatangi saya dengan semangat inspiratif mengajak saya berpatner dan saya menyambut dengan suka cita,” ucapnya. “Kami sudah diskusi panjang lebar, ternyata banyak-anak muda yang memiliki potensi yang besar di Papua Barat,” sambung dia.
Daniel Silitonga yang pernah menjadi Kasatgas Pangan, mengaku, akan membantu memperkenalan dengan pasar retail yang lebih luas sehingga produk-produk UMKM tersebut bisa terus laku di pasaran.
“Bahkan saya sudah menghubungi teman-teman saya, dan mereka siap membeli dalam jumlah banyak. Meskipun ini bukan bagian saya, tapi jika dipikir-pikir ini harus didukung sehingga produk papua muda inspiratif bisa terus berlangsung dan berkembang,” ujarnya.
Untuk bisa bersaing ke pasar besar, pihaknya menyarankan, produksinya harus kontinue, dengan jumlah produk yang konsisten dan kemasan yang menarik. “Adik-adik harus tetap semangat dan jangan menyerah, kita siap membantu,” jelas Daniel Silitonga.
Sementara itu, Simson Bonggoibo menuturkan, Papua Muda Inspiratif ini datang dari suatu mimpi yang ingin maju dan berkembang melalui produk yang dihasilkan. “Itu lah hari ini kami datang dan Bapak Kapolda menjawab itu dengan baik sehingga pertemuan (Talk show, red) ini terjadi,” ucapnya.
Meiji Akwam menuturkan, sebagai perempuan papua, dalam meraih kemandirian dan kesuksesan tak bisa dihalangi oleh keadaan. Namun harus mampu mengembangkan potensi diri dari hal-hal kecil.
Robert Rumsayor mengaku sangat senang ketika Kapolda Papua Barat merespon akan memdukung pengembangan produk yang selama ini diushakan. “Terimakasih bapak kapolda sudah menerima dan kami sangat senang. Awal mula produksi olahan Sagu, Minyak kelapa, ini berangkat dari saudara-saudara punya masalah, sehingga kami membaca potensi ini sebagai solusi dan menjadi berkat bermanfaat untuk banyak orang,” ucapnya.  (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.